Resmi, Rossi Gantung Helm di Ricardo Tormo Valencia

Valentino Rossi.
Sumber foto: MotoGP

Olahraga – Ukhuwahnews | Setelah perjalanan karir panjang di MotoGP, Valentino Rossi resmi gantung helm pada gelaran balapan tahun 2021 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol pada Minggu, (13/11/21) malam.

Gelaran tersebut menjadi penutup untuk The Doctor selama 26 tahun berkarir di dunia balap motor. MotoGP Valencia menjadi Grand Prix ke 432 dalam sejarah panjang pebalap asal Italia tersebut.

Pencapaian Valentino Rossi

Dikutip dari Reuters, Rossi mengatakan pencapaian terbesar dalam karirnya ialah mampu membawa citra positif untuk MotoGP.

“Saya pikir hal yang paling positif dalam karier saya adalah banyak orang mulai mengikuti MotoGP untuk mengikuti karier saya dari awal,” kata Rossi.

“Olahraga ini menjadi lebih besar, tak hanya di Italia, tetapi juga di seluruh dunia. Senang memahami bahwa selama karier saya, saya menjadi sesuatu yang berbeda. Saya merasa seperti ikon dan ini adalah kehormatan yang luar biasa,” lanjutnya.

Namun diluar ungkapan The Doctor tersebut, ia sudah berhasil melanglang buana di dunia balap motor sejak tahun 1996 dan turun pada kelas 125 cc untuk tim Aprillia.

Satu tahun debut di kelas 125cc, Vale berhasil memenangkan kejuaraan dunia pertamanya. Dari sana, ia merangkak naik ke kelas 250cc dan memenangkan kejuaraan tersebut pada tahun 1999.

Baca Juga: Tips Berkendara Aman Demi Menjaga Keselamatan

Prestasi The Doctor

Tak diragukan lagi, Valentino Rossi menjadi pebalap paling sukses di dunia MotoGP. Ia berhasil menjadi pebalap dengan koleksi sembilan gelar juara dunia.

Catatan tersebut meliputi balapan kelas 125cc, 250cc, 500cc, dan MotoGP.

Dikutip dari laman resmi MotoGP, berikut catatan manis dari VR46:

Rossi mengikuti 432 balapan di kelas 125cc, 250cc, dan MotoGP dari total 975 seri Grand Prix sejak kali pertama digelar pada 1949. Ia ambil bagian sekitar 44,4 persen dari total balapan Grand Prix, hal tersebut merupakan rekor penampilan pada dunia MotoGP.

Valentino Rossi meraih kemenangan Grand Prix menggunakan tujuh sepeda motor berbeda: 125cc Aprilia, 250cc Aprilia, 500cc Honda, 990cc Honda, 990cc Yamaha, 800cc Yamaha dan 1000cc Yamaha.

Valentino Rossi merupakan satu-satunya pebalap yang mampu merebut gelar juara dunia Grand Prix di empat kelas berbeda: 125cc, 250cc, 500cc dan MotoGP.

Valentino Rossi.
Sumber foto: MotoGP

Sepanjang 26 tahun karier di Grand Prix, Valentino Rossi sudah tampil di 38 sirkuit berbeda. Setidaknya Rossi menang satu kali di 29 sirkuit tersebut. Tidak ada pembalap yang tampil di tempat berbeda sebanyak Rossi.

Valentino Rossi paling sering meraih kemenangan Grand Prix di Sirkuit Catalunya dan Assen, masing-masing 10 kemenangan. Sementara di kelas primer Grand Prix, Rossi paling sering menang di Sirkuit Assen de.

Valentino Rossi meraih 115 kemenangan sepanjang kariernya di Grand Prix, dengan 89 di antaranya terjadi di kelas 500cc dan MotoGP. Jumlah itu membuat Rossi menjadi pebalap kedua tersukses di belakang Giacomo Agostini dengan 122 kemenangan.

Valentino Rossi merupakan pemegang rekor podium terpanjang di kelas MotoGP, yakni 23 kali beruntun sepanjang MotoGP Portugal 2002 hingga MotoGP Afrika Selatan 2004.

Reporter: M. Firdaus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *