Rambut Rontok Pertanda Buruk Bagi Tubuh, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Pixabay/Doucefleur.

Rontok merupakan proses lepasnya rambut secara berlebihan, kondisi ini mengakibatkan penipisan rambut dan bisa menjadi kebotakan baik itu sementara ataupun permanen. Hal ini masih bisa dikatakan normal jika jumlah rambut yang lepas berkisar dari 50 sampai 100 helai setiap harinya.

Normalnya rambut akan diawali dengan fase pertumbuhan (fase anagen), di mana rambut akan tumbuh dan bertahan selama 2-6 tahun. Seperti yang kita tahu, dengan berkeramas bermanfaat dalam menjaga kebersihan rambut,dan membuat tampilannya  akan lebih berkilau dan tampak terawat.

Sayangnya, jika dilakukan terlalu sering ini sebagai salah satu faktor yang mengakibatkan rambut lebih mudah rontok dan rusak. Kali ini kita akan membahas penyebab rambut menjadi rontok.

Stres

Faktanya stres yang terjadi secara fisik dan psikologis bisa menyebabkan rambut rontok, contoh stres secara fisik adalah melakukan prosedur operasi dan kehilangan darah. Sedangkan secara psikologis seperti kecemasan parah. Beberapa cara untuk mengatasi masalah ini, yaitu olahraga rutin, mencukupi kebutuhan nutrisi harian, dan belajar meditasi untuk mengontrol stres.

Kekurangan nutrisi

Penelitian menunjukkan kerontokan rambut memiliki hubungan dengan kekurangan zinc dan zat besi. Beberapa vitamin lainnya juga diyakini berpengaruh pada kekuatan rambut seperti biotin, vitamin D, B, C, dan A. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter jika rambut rontok ini sudah berlebihan guna mencegah kondisi yang lebih parah atau kebotakan.

Gaya hidup

Kerontokan pada rambut juga bisa disebabkan oleh gaya hidup yang gemar melakukan perubahan gaya rambut, mengikat rambut terlalu kencang, dan pola makan dengan rendah protein dan zat besi yang dapat menyebabkan kerontokan rambut

Penuaan

Semakin tua umur seseorang, maka kekuatan rambut juga semakin menurun, dalam medis kondisi ini disebut sebagai senescent alopecia. Seperti kulit yang akan terpengaruh usia, rambut juga semakin menipis, rapuh, dan lebih banyak rontok seiring berjalannya waktu.

Baca juga: Bentuk SDM Sehat Dan Cerdas, Pemkot Palembang Targetkan Zero Stunting

Berikut ini kami akan memberikan tips dengan menggunakan bahan alami untuk mengatasi masalah rambut rontok.

Teh hijau dan daun seledri

Dilansir dari kompas.com menggunakan teh hijau & daun seledri mampu meredakan rambut rontok seketika. Hal ini dikarenakan, dua bahan tersebut memiliki senyawa antioksidan serta vitamin A dan vitamin B yang baik untuk menguatkan akar rambut.

Kamu bisa menyeduh teh hijau dan seledri secara bersamaan, kemudian oleskan air seduhan tadi ke kulit kepala secara merata, setelah itu diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air dingin. Untuk hasil yang maksimal kami bisa mengulangi langkah ini dua kali dalam seminggu.

Minyak zaitun

Selain untuk perawatan badan dan wajah, manfaat minyak zaitun bisa mencegah rambut rontok. Tiap helai rambut akan bisa menyerap nutrisi yang dibawa oleh minyak zaitun, tak hanya itu vitamin E dan antioksidan yang tinggi bisa melembapkan batang rambutmu.

Untuk pengaplikasianya, usapkan minyak zaitun pada kulit kepala serta rambut secara merata, pijat kepala secara lembut dan diamkan selama setengah jam, setelah itu cuci rambut dengan menggunakan shampoo seperti biasa. Lakukan setiap hari secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Bawang Merah

Ketika dioleskan pada kulit kepala dan rambut, bawang merah dapat memperkuat dan menebalkan rambut. Meski memiliki bau menyengat. Di samping itu, khasiat bawang merah untuk rambut tidak terlepas dari kandungan antioksidannya nutrisi dalam bawang merah juga mampu meningkatkan aliran darah di kulit kepala.

Kamu bisa membuat masker rambut dari bawang merah, dengan menghaluskan bawang merah lalu mengambil air perasan bawang tersebut, kemudian baurkan air perasaan itu keseluruh kulit kepala dengan menggunakan kapas, diamkan selama 30 menit dan bilas setelahnya. Ulangi langkah tersebut satu kali seminggu.

Banyak faktor menyebabkan siklus pertumbuhan rambut tergganggu, hingga berakibat pada rambut rontok. Rambut rontok yang terjadi secara tiba-tiba bisa disebabkan oleh penyakit atau obat tertentu, sedangkan rambut rontok yang terjadi secara bertahap paling sering disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan.

Dengan informasi ini semoga sahabat ukhuwah bisa lebih menyayangi salah satu anggota tubuh yang sudah diciptakan dengan baik. Sampai jumpa.

Penulis Odelia Winneke Putri
Editor: Siti Alicia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *