Raih Penghargaan Dunia, Arsitektur Indonesia Patut Diacungi Jempol

Arsitektur Indonesia banyak mengalami perkembangan dan kemajuan, seiring dengan  pendidikan dan teknologi yang mendukung. Arsitektur Indonesia bahkan mampu bersaing secara kompetitif di mancanegara, hal ini disampaikan oleh Ahmad Djuhara, Ketua Umum Ikatan Arsitektur Indonesia.

Beberapa karya arsitektur Indonesia bahkan memperoleh penghargaan bergengsi skala Internasional. Pada tahun 2020, Indonesia memperoleh penghargaan tingkat dunia dalam ajang Architizer Awards 2020, New York, Amerika Serikat. Karya tersebut antara lain :

1. The Twins House – Delution

Sumber : delution.co.id

Dilansir dari Liputan6.com, The Twins House merupakan hunian pribadi yang mengusung tema rumah sehat dan efisien yang disesuaikan dengan kondisi Kota Jakarta yang padat. The Twins House memenangkan penghargaan dari Architizer Awards untuk kategori Small Architecture+Small Living by People Choice pada tahun 2020.

2. Microlibrary Warak Kayu – SHAU

Sumber : archdaily.com

Dikutip dari Detik.com, Microlibrary Warak Kayu karya SHAU merupakan perpustakaan mini yang berlokasi di Taman Kasmaran, Semarang, Jawa Tengah. Microlibrary Warak Kayu memperoleh penghargaan karya terpopuler kategori Institutional-Libraries dalam ajang yang sama dengan Twins House yaitu, Architizer Awards 2020.

The Twins House dan Microlibrary Warak Kayu membanggakan dan mengharumkan nama Indonesia sebab mampu bersaing dengan 5000 karya arsitektur dari 100 negara.

Selain dua karya arsitektur tersebut, telah banyak arsitektur Indonesia yang juga memperoleh penghargaan berskala Internasional. Hal ini menunjukkan bahwa arsitektur Indonesia telah banyak mengalami kemajuan dan telah mampu bersaing dengan arsitektur dunia.

Dengan banyaknya penghargaan arsitektur yang telah diraih Indonesia, menjadikan negara-negara luar mulai mengakui dan bahkan mengadopsi beberapa karya arsitektur Indonesia, seperti yang terjadi di Florida. Mengutip dari Detik.com bahwa Florida mengadopsi arsitektur Polinesia dari Pulau Dewata, Bali.

Selain mengadopsi beberapa karya arsitektur Indonesia, negara-negara luar bahkan menggaet beberapa arsitek Indonesia untuk dilibatkan dalam proyek negara mereka. Contohnya Ridwan Kamil, salah satu arsitektur terbaik Indonesia yang diakui dunia.

Beberapa karya arsitektur Ridwan Kamil dikancah Internasional adalah Marina Bay Sands di Singapura, Sukhotai Urban Resort Master Plan di Bangkok, Ras Al Kaimah Waterfront Master di Qatar, dan Shao Xing Waterfront Masterplan di China.

Dengan segala penghargaan yang telah didapatkan pada bidang arsitektur, Indonesia patut untuk diperhitungkan dan diapresiasi dalam skala internasional.

Reporter : Febio Siti Karina
Editor : Bunga Yunielda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *