Peringati International Lefthanders Day, Ini Fakta Menarik Orang Kidal

Sumber: Freepik/Vectorium

Setiap 13 Agustus, dunia selalu memperingati International Lefthanders Day atau biasa disebut Hari Kiri Dari Lahir (Kidal) Internasional. Peringatan pertamanya dilakukan pada tahun 1976.

Walaupun telah diperingati sejak 1976, ternyata Hari Kidal Internasional baru dideklarasikan oleh Dean R. Campbell, Founder Lefthanders Day Club pada tahun 1997. Deklarasi ini dilakukan untuk merayakan “kekidalan” pada mereka yang mengalaminya.

International Lefthanders Day diperingati untuk meningkatkan kesadaran akan kelebihan dan kekurangan pengguna tangan kiri dari penduduk dunia yang berdominasi menggunakan tangan kanan dalam pekerjaan sehari-hari.

Tahukah anda? Bahwa terdapat fakta menarik tentang orang yang dalam kesehariannya lebih dominan menggunakan tangan kiri. Apa saja fakta menariknya? Berikut beberapa diantaranya!

1. Cenderung lebih kreatif

Mereka yang menggunakan tangan kiri dalam kesehariannya cenderung lebih baik dalam hal multi-tasking. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang bertangan kidal memiliki IQ diatas 140.

Tak hanya itu, rupanya banyak tokoh terkenal yang bertangan kidal seperti, Alberts Einstein, Charles Darwin, Paul McCartney, Isaac Newton, Kurt Cobain, dan Jilmi Hendrix.

2. Orang bertangan kidal adalah minoritas dari populasi dunia

Orang yang menggunakan tangan kiri atau kidal hanya ada sekitar 10% dari seluruh populasi di dunia yang mayoritasnya adalah laki-laki.

3. Kidal lebih dominan menggunakan sisi kanan otaknya

Orang kidal lebih banyak menggunakan sisi kanan otak mereka, itulah sebabnya mereka lebih cenderung dalam bidang seni.

Sisi kanan otak mengontrol otot-otot di sisi kiri tubuh dan sebagian besar menggerakkan kemampuan musik dan spasial.

4. Lebih mudah merasa takut

Dalam sebuah eksperimen film horor, orang yang menggunakan tangan kiri menunjukkan lebih banyak rasa takut.

Dari eksperimen tersebut, para ilmuwan percaya bahwa hal ini mungkin saja karena otak kanan lebih dominan pada orang kidal dalam merespon rasa takut.

5. Pengguna tangan kiri mudah malu

Mereka yang kidal lebih sering khawatir tentang membuat kesalahan dan lebih sensitif terhadap kritik.

6.  Kidal dominan menyukai seni

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang kidal mungkin lebih tertarik secara artistik.

Orang kidal lebih baik dalam pemikiran yang berbeda, dan survei terhadap lebih dari 2.000 orang kidal menunjukkan bahwa mayoritas orang kidal tertarik pada karier dalam seni dan musik.

7. Pemikiran luas

Beberapa ilmuwan percaya bahwa kaum kiri memiliki cakupan pemikiran lebih luas, yang menghasilkan kualitas presiden yang bagus. Tahukah kamu bahwa delapan Presiden Amerika Sserikat adalah orang kidal  atau ambidextrous? Presiden yang kidal adalah Barack Obama, Bill Clinton, George H.W. Bush, dan Gerald Ford.

8. Orang Tangan Kiri Memiliki Risiko Lebih Tinggi Gangguan Otak

Belahan otak kiri digunakan oleh kiri dan kanan untuk fungsi bahasa. Namun, sekitar 30 persen dari orang kidal berpihak pada belahan kanan mereka. Akibatnya, orang kidal memiliki risiko lebih tinggi terkena skizofrenia, disleksia, atau Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD).

Itulah fakta menarik dari orang kidal dalam kesehariannya.

Reporter: Wiardini Yuli
Editor: Bunga Yunielda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *