Opor Ayam dan Asal Usulnya Jadi Hidangan Lebaran

iStockphoto/aodaodaod.

Artikel – Ukhuwahnews | Menyambut hari raya lebaran, biasanya masyarakat Indonesia akan menyiapkan hidangan-hidangan khas, salah satunya adalah opor ayam.

Umumnya, opor ayam akan disandingkan bersama ketupat untuk disantap secara bersama-sama saat berkumpul bersama keluarga.

Namun, tahukah kamu asal usul opor ayam jadi hidangan yang dinanti-nantikan saat lebaran tiba?

Asal Usul Opor Ayam

Ternyata, opor ayam bukan kudapan asli Nusantara, melainkan perpaduan antara dua makanan dari luar Indonesia.

Melansir Kompas.com, sejarahwan kuliner Fadly Rahman mengatakan bahwa opor ayam memiliki pengaruh budaya dua negara Timur Tengah, yaitu Arab dan India. Kedua negara tersebut memiliki gaya kuliner yang berbeda, yakni kari (India) dan gulai (Arab).

Budaya memasak kari dan gulai pertama kali masuk ke wilayah Indonesia bersamaan dengan datangnya di wilayah-wilayah pesisir Nusantara seperti Sumatera, Selat Malaka, dan Jawa.

Dari sanalah terjadi akulturasi antara masakan Arab (gulai) dan masakan India (kari) sehingga menghasilkan apa yang kini disebut sebagai opor.

Makanan ini memiliki cita rasa khas dengan bumbu rempah asli Indonesia yang kaya.

Baca Juga: Manfaat Jitu Semangka, Buah Merah yang Kaya Akan Vitamin

Tradisi Memasak Opor Ayam

Menyitat CNN Indonesia, menurut pengamat sosial budaya Devie Rahmawati, opor ayam dan ketupat saat lebaran merupakan tradisi yang ditanamkan turun temurun di Indonesia.

Secara filosofis, Devie menilai opor ayam dan ketupat disajikan lantaran memiliki rasa yang bersifat kenangan dan membangkitkan nostalgia terhadap masa lalu. Rasa inilah yang dicari ketika momen berkumpul bersama keluarga di hari raya.

Selain itu, opor ayam kerap disajikan di saat lebaran lantaran proses memasaknya yang tidak sederhana seperti kebanyakan masakan lainnya.

Maka dari itu, orang Indonesia cenderung memanfaatkan momen lebaran sebagai ajang untuk memasak makanan yang spesial, salah satunya adalah opor ayam.

Jadi, itulah jawaban mengapa opor ayam selalu identik dengan hari raya lebaran. Sahabat Ukhuwah juga sudah menyiapkan opor ayam di rumah belum?

Penulis: Annisa Meidiani (Pengurus LPM Ukhuwah)
Editor: Wisnu Akbar Prabowo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *