Menu Sahur Sehat dan Mudah, Rekomendasi Untuk Kaum Kos!

Sumber: cookpad.

Penulis: Odelia Winneke Putri (Pengurus LPM Ukhuwah)

Halo Sahabat Ukhuwah! Alhamdulillah, Ramadan sudah berjalan beberapa hari nih. Nah, Sahabat Ukhuwah makan sahurnya pakai apa sih? Ternyata, menu sahur yang dikonsumsi menjadi salah satu faktor yang menentukan kelancaran puasa kita. Jika kita mengkonsumsi makanan dengan asal-asalan tanpa memperhatikan kandungannya, hal itu dapat menyebabkan sulitnya berkonsentrasi selama puasa.

Makan sahur merupakan salah satu amalan sunah di Bulan Ramadan. Karena itu, sangat disayangkan jika kita melewatkan sahur. Sahur mempunyai banyak manfaat bagi tubuh, mulai dari memberi energi dengan merangsang pencernaan pertama pada pagi hari, menjaga kadar gula agar tetap stabil, hingga menunda rasa lapar sepanjang hari. Selain itu, juga ada keberkahan yang diberikan Allah.SWT dalam sahur. 

Nah untuk itu, kami telah menyiapkan beberapa menu sahur yang pastinya sehat dan simpel dibuat. Menu ini juga salah satu rekomendasi untuk Sahabat Ukhuwah yang berstatus anak kos loh. Simak penjelasan di bawah ini yaa!

1. Capcai

Sumber: cookpad.

Capcai merupakan salah satu masakan oriental yang praktis dan menyehatkan. Capcay sendiri berasal dari bahasa Hokkien, cap berarti sepuluh, sementara cay berarti sayur. Inilah yang menyebabkan capcai terdiri dari banyak jenis sayuran. Namun, jenis sayuran yang sering digunakan pada capcai adalah kembang kol, wortel, dan sawi hijau. Selain itu, ditambahkan juga pelengkap seperti daging ayam, bakso, dan jamur kancing. Ada dua jenis capcay, yakni capcay rebus dan tumis. Capcai rebus terlihat mirip seperti sayur sop karena kuahnya yang banyak. Sedangkan capcai tumis kuah lebih sedikit.

2.  Teri Kacang

Sumber: cookpad.

Sesuai dengan namanya, makanan ini terdiri dari teri dan kacang yang diberi bumbu pedas. Rasa pedas, asin, serta rempah yang khas pada makanan ini membuatnya disukai banyak orang dan menambah selera makan. Tentunya menu ini sangat mudah dibuat dan terbilang bertahan lama. Jadi, sangat rekomendasi untuk kaum kost sebagai stok makanan sahur.

3. Telur Dadar Padang

Sumber: cookpad.

Telur dadar Padang memang tiada duanya. Selain bentuknya yang khas dan rasanya yang khas, telur dadar satu ini biasanya hanya ada ketika kita menikmati makanan khas Minang. Namun, tentu saja kita dapat membuat sendiri dirumah menu yang satu ini. Cukup  tambahkan semua bahan yang dibutuhkan dan masak telur dadar seperti biasanya. Karena pembuatannya yang simpel, menu ini bisa dijadikan alternatif ketika kita bingung mau pakai apa ketika sahur.

Baca Juga: Stop Bermalas-malasan! Ini Tips Produktif di Bulan Ramadan

4. Sarden

Sumber: cookpad.

Sarden menjadi menu pilihan untuk menu makan sahur sederhana. Selain praktis, menu ini juga mengandung protein yang tinggi. Sarden juga dapat dimasak menggunakan rice cooker. Jadi, menu ini juga sangat cocok untuk anak kos. Cara menyajikannya juga mudah, cukup dipanaskan dan tidak perlu ditambah bumbu lain. Supaya tidak monoton, campurkan daun bawang atau sedikit sayuran ke dalam sarden untuk asupan serat, bahkan sumber protein lain seperti tahu dan tempe.

5. Sup Ayam

Sumber: cookpad.

Sup ayam merupakan sajian rumahan yang simpel dan menyehatkan. Karena menu ini terbuat dari sayur-sayuran seperti kentang, wortel, kol dan ayam yang kaya akan protein. Selain rasanya yang nikmat, sup ini juga pastinya menyehatkan. Hidangan bercitarasa yang gurih dan sedap ini cocok dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi ketika berpuasa.

Nah Sahabat Ukhuwah, itulah beberapa menu rekomendasi untuk sahur yang mudah dibuat dan menyehatkan. Yuk, kita perhatikan makanan dan kandungannya yang kita konsumsi selama Bulan Ramadan. Karena, makanan yang sehat juga akan membuat puasa kita lancar. Semoga bermanfaat yaa!

Editor: Annisa Dwilya Budaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *