Kulit Cerah Alami Menggunakan Teknik Dry Brushing

ilustrasi kulit.
Sumber foto: ist

Perempuan mana yang tidak mau memiliki tubuh mulus, cerah dan bebas kusam? Tentunya banyak sekali jenis perawatan tubuh yang menjamin hasil yang serupa. Namun, dari sekian banyak perawatan tubuh yang menarik, ternyata merawat tubuh tidak melulu menggunakan produk kosmetik dan biaya yang mahal loh sahabat ukhuwah. Banyak cara lain yang bisa digunakan, salah satunya Dry Brushing . Apasih Dry Brushing? Berikut penjelasannya!

Sesuai namanya Dry Brushing merupakan teknik membersihkan tubuh dengan cara menggosokkan sikat pada kulit dalam kondisi kering. Dilansir dari Harpers Bazaar, menurut dermatologis, Gillette Venus Jennifer Herrmann, proses menggosokan sikat ke permukaan kulit atau Dry Brushing ini dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan melancarkan peredaran darah.

Manfaat lain dari Dry Brushing ialah dapat mengurangi selulit, meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan sirkulasi darah, detoksifikasi untuk kulit, serta membersihkan pori-pori. Teknik ini juga dapat mengeksfoliasi sel-sel kulit mati, sehingga kulit terlihat lebih sehat.

Selain bagus untuk eksfoliasi, teknik ini juga memiliki khasiat yang luar biasa pada organ dalam tubuh. Getah bening dalam tubuh yang mengandung sel darah putih dapat memengaruhi sistem imun tubuh kita. Bakteri, racun, dan sisa pembuangan yang ada dalam tubuh terfiltrasi oleh getah bening. Namun, dengan Dry Body Brushing bakteri-bakteri tersebut dapat dimusnahkan. Dalam hal ini Dry Body Brushing juga dapat meningkatkan fungsi getah bening.

Baca Juga: Kembangkan Potensi Diri, PWNPTK XV Angkat Materi Hipnoterapi

Selain mudah dilakukan, teknik ini juga tidak membuat anda harus merogoh kocek dalam-dalam. Anda hanya membutuhkan sebuah sikat untuk menyikat kulit. Sikat yang cukup baik untuk digunakan adalah yang berbulu halus, alami dan bagian gagang yang panjang. Ternyata, teknik juga diterapkan oleh selebriti papan atas, model asal Australia, Miranda Kerr.

Dikutip dari E! Online, Miranda Kerr mengatakan Dry Brushing adalah sesuatu yang tidak boleh tertinggal dalam kesehariannya, “Melakukan Dry Brushing adalah bagian terpenting dalam keseharianku,” kata Miranda.

Metode

Walau mudah, usahakan hindari menyikat kulit secara asal-asalan. Disarankan menyikat kulit dari bagian tubuh paling bawah seperti kaki lalu mengarah ke atas hingga kulit wajah. Jangan ragu untuk beri tekanan pada area-area yang keras seperti sikut, lutut, dan tumit. Tetapi, jangan sampai berlebihan karena bisa menyebabkan iritasi dan trauma pada kulit.

Waktu Pemakaian

Melakukan Dry Brushing pada setiap orang berbeda-beda tergantung jenis kulitnya. Bagi pemilik kulit sensitif, cukup lakukan teknik ini seminggu sekali. Untuk mereka yang berkulit normal, aman melakukannya seminggu dua kali. Anda sangat disarankan untuk berkonsultasi ke dokter kulit terlebih dahulu jika memiliki masalah kulit yang ekstrem, seperti eksim and psoriasis (kulit bersisik). Perlu diingat, pastikan kulit dalam kondisi kering sebelum menyikatnya.

Setelah Dry Brushing

Penyikatan akan menyebabkan pori-pori kulit terbuka. Untuk mempercepat proses pemulihanan kulit, Anda disarankan untuk mengaplikasikan pelembab yang mengandung vitamin A, C, dan E.

Nah sahabat ukhuwah, buat kamu yang mau kulit mulus, cerah dan sehat seperti Miranda Kerr itulah penjelasan teknik dry brushing yang dapat membuat kulit jadi lebih sehat. Selain mudah untuk dilakukan, teknik ini tidak akan menguras dompet kamu lhoo. Selamat mencoba

Penulis: Annisa Dwilya Budaya
Editor: M. Firdaus

Satu tanggapan untuk “Kulit Cerah Alami Menggunakan Teknik Dry Brushing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *