Kopi, Media Komunikasi di Tengah Pandemi

Seorang penyeduh kopi di salah satu kedai kopi sedang menjelaskan dengan detail kepada pengunjung, tentang menu kopi yang ada di kedainya. Selasa (02/03/21) Ukhuwahfoto/M Aidil ikhsan

Penulis : M. Aidil Ikhsan (Pengurus LPM Ukhuwah)

Tepat pada 11 Maret 2021, Indonesia kembali memperingati Hari Kopi Nasional. Dalam sejarahnya peringatan ini berawal sejak tahun 2019 bertepatan dengan mewabahnya Covid-19 di dunia. Bicara soal kopi, minuman berkafein ini sudah menjadi primadona di sebagian masyarakat Indonesia. Selain memiliki citarasa dan aroma yang khas, kopi juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Salah satunya meningkatkan kinerja fisik, meningkatkan jumlah antioksidan dalam tubuh serta dapat mengurangi stres dan depresi.

Dilansir dari Republika.co.id, seiring dengan menjamurnya kedai-kedai kopi diperkotaan. Tingkat konsumsi kopi di Indonesia melonjak hingga 174 persen pada 2016. Hal ini berdampak baik terhadap industri pertanian kopi di Indonesia apalagi di tengah kondisi pandemi yang masih bertahan di negara ini.

Caffe latte, salah satu minuman yang menjadi favorit dikalangan masyarakat. Minuman ini adalah kopi espresso yang dicampur dengan susu hangat yang diatasnya memiliki sedikit busa. Ukhuwahfoto/M. Aidil Ihksan

Beriringan dengan trend tersebut, timbul pula pertanyaan dari sebagian masyarakat berapa gelas perhari idealnya asupan kafein yang mampu diterima oleh tubuh? Mengingat minuman berkafein ini juga tidak baik apabila dikonsumsi berlebihan. Menurut penilitian yang pernah saya baca dalam jurnal PloS ONE, idealnya bagi tubuh mengonsumsi kopi adalah 2-3 gelas/hari, dengan takaran tersebut kandungan antioksidan pada kopi dapat bekerja secara optimal untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Percaya atau tidak, seringkali kopi dikaitkan sebagai media seseorang untuk memulai komunikasi yang baik dengan teman ataupun orang baru yang ada dilingkungan sekitarnya. Contohnya, banyak orang-orang yang ingin memulai kembali diskusi dengan teman lama melalui ajakan ngopi bareng dan sebagainya. Ada pula pengunjung meja A dan meja B yang saling memulai obrolan hanya karna perihal pesanan yang sama atau bacaan buku yang sama.

Terlebih konsep kedai kopi yang biasanya melakukan order langsung ke meja bar membuat sebagian pengunjung lebih mudah untuk bertanya kepada si barista perihal kopi apa yang akan mereka minum nantinya. Hal seperti ini bisa membuat komunikasi kecil, baik antar pengunjung maupun barista dan bisa jadi memang benar adanya bahwa kopi adalah media untuk memulai komunikasi

Coffeshop atau kedai kopi sudah menjadi tempat yang memiliki banyak fungsional di era sekarang ini. Banyak dari sebagian orang lebih memilih untuk melakukan pertemuan, mengerjakan tugas atau diskusi dan semacamnya di kedai kopi.

Selain memberikan konsep tempat yang nyaman untuk pengunjungnya, kedai kopi diperkotaan sekarang juga sudah mulai berlomba-lomba menerapkan hospitality yang baik untuk pengunjungnya. Jadi, tidak heran jika kedai kopi masih menjadi pilihan utama bagi sebagian orang.

Dengan dilandanya pandemi, banyak pekerjaan yang harus dilaksanakan work from home, banyak pula dari usaha-usaha dibidang Food and Beverages (FNB) yang mendadak sepi akibat hal tersebut. Seiring berjalannya waktu banyak tempat-tempat membiasakan diri untuk menerapkan New Normal salah satunya perindustrian kopi.

Banyak dari kedai-kedai kopi diperkotaan memberikan inovasi baru untuk penikmatnya yang masih harus mencukupi kebutuhan kafein dalam tubuh seperti dengan membuat kopi dalam kemasan botol dan menerapkan protokol kesehatan untuk pengunjung yang menikmati kopi di kedai.

Dan dalam rangka merayakan hari kopi nasional ditengah pandemi ini, kita sama-sama berharap agar negara kita kembali pulih dari jeratan Covid-19. Akan sangat disayangkan apabila perindustrian kopi di Indonesia lumpuh akibat pandemi. Karena seperti yang kita ketahui Indonesia menjadi salah satu negara penghasil terbesar kopi didunia.

Editor : Bunga Yunielda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *