Kesehatan Mental : Gejala, Faktor dan Penanganan

Sumber Image : Tribunnewsmaker.com

Sahabat Ukhuwah, sepertinya sudah tidak heran jika mendengar kata depresi, stres dan frustasi. Bukan cuma mendengar, mungkin Sahabat pernah bertemu dengan orang-orang yang memiliki atau penyintas gangguan seperti ini. Hal ini berhubungan dengan kesehatan mental seseorang. Bagaimana mengetahui kesehatan mental seseorang? Dan sebenarnya, perlu kah kita menjaga kesehatan mental kita? Mari simak artikel ini sampai habis.

Apa itu Kesehatan Mental?

Menurt World Health Organization (WHO), kesehatan mental adalah kondisi sejahtera seseorang. Dimana, individu mampu nyadari kemampuan yang ia miliki. Mengatasi tekanan dan stres dalam kehidupan sehari-hari, bekerja produktif, dan mampu berkontribusi aktif di lingkungan atau komunitasnya.

Ada beberapa hal yang mencakup kesehatan mental seperti, kenyamanan emosional, psikologi dan hubungan sosial. Dan itu semua dapat mempengaruhi cara berfikir seseorang, Dan juga mempengaruhi cara mengatasi stress, menjalani hubungan dengan orang lain dan membuat keputusan. Kesehatan mental merupakan hal yang penting mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa.

Lalu, apa sih faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang?

Ternyata ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang yaitu pertama, perubahan tingkah laku yang dapat terjadi saat seseorang mengkonsumsi telalu banyak alkohol. Kedua, yaitu perasaan. Terkadang kondisi kesehatan mental yang terganggu ditandai dengan timbulnya kesedihan yang mendalam atau berkelanjutan. Ketiga, adalah cara berpikir. Tekanan dalam melakukan sesuatu di lingkungan, entah itu di rumah, di keluarga atau di lingkuangan tetangga dapat mempengaruhi cara berfikir seseorang. Sehingga terjadilah penyimpangan dalam berpikir.

Dikutip dari liputan6.com, ada tiga faktor penyebab yang berpengaruh terhadap kesehatan mental, yaitu faktor biologi yang dipengaruhi oleh genetik. Misalnya berlebihan mengkonsumsi produk kimia sehingga berpengaruh pada otak dan menyebabkan gangguan. Kemudian faktor kehidupan, bisa disebabkan karena trauma pada sesuatu, mengkonsumsi terlalu banyak alkohol dan obat-obatan. Terakhir, bisa datang dari faktor keluarga. Seseorang bisa saja mempunyai riwayat keluarga yang buruk dan masalah keluarga yang besar.

Gejala-gejala kesehatan mental

Banyak sekali gejala yang akan timbul jika seseorang memiliki kesehatan mental yang buruk. Mari kita runutkan gejalanya, yaitu :

1. Berteriak atau berkelahi dengan keluarga dan teman-teman
2. Delusi, paranoia, atau halusinasi
3. Kehilangan kemampuan untuk berkonsentrasi
4. Ketakutan, kekhawatiran, atau perasaan bersalah yang selalu menghantui
5. Tidak mampu untuk mengatasi stres atau masalah sehari-hari
6. Marah berlebihan dan rentan melakukan kekerasan
7. Mengalami perubahan suasana hati drastis yang menyebabkan masalah dalam hubungan dengan orang lain
8. Merasa bingung, pelupa, marah, tersinggung, cemas, kesal, khawatir, dan takut yang tidak biasa
9. Merasa sedih, tidak berarti, tidak berdaya, putus asa, atau tanpa harapan
10. Merokok, minum alkohol lebih dari biasanya, atau bahkan menggunakan narkoba
11. Perubahan drastis dalam kebiasaan makan, seperti makan terlalu banyak atau terlalu sedikit

Bagaimana cara penanganan Kesehatan Mental?

Dikutip dari sumber yang sama, Penanganan terhadap orang yang mengalami gangguan pada kesehatan mental tergantung dari tipe gangguan itu sendiri. Namun, pada dasarnya pengobatan yang dapat dilakukan meliputi obat-obatan dan psikoterapi. Pengobatan kasus gangguan mental yang berat juga mencakup beberapa ahli seperti dokter ahli kejiwaan, dokter umum, anggota keluarga, dan lain-lain.

Obat-obatan yang dapat digunakan seperti antidepresan, antiansietas atau anticemas, dan antipsikotik, Psikoterapi, konsultasi kedokter ahli kesehatan mental,Terdapat banyak tipe dari psikoterapi. Pengobatan biasanya dapat berlangsung beberapa bulan hingga lebih lama. Pengobatan lain meliputi:

1. Stimulasi otak termasuk terapi electrokonvulsif, stimulasi magnetik transkranial, pengobatan eksperimental yang disebut stimulasi otak dalam, dan stimulasi saraf vagus.
2. Perawatan rumah sakit dan perumahan
3. Pengobatan penyalahgunaan zat

Pencegahan kesehatan mental

Mencegah terjadinya gangguan mental secara umum dapat dilakukan dengan menjaga kesehatan mental, seperti tetap berhubungan dengan orang lain, terus berpikir positif, tetap aktif secara fisik, membantu orang lain, cukup tidur atau istirahat/ sayangi tubuh sendiri, berorganisasi, jangan sampai stres dan hidup sehat.

Sahabat Ukhuwah, jadi kesehatan mental sangat berpengaruh dalam kehidupan kita. Selalu berfikir positif ya!

Penulis : Rio Romadhoni (Pengurus LPM Ukhuwah UIN Raden Fatah Palembang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *