Read Time:2 Minute, 27 Second

Artikel – Ukhuwahnews | Untuk menjaga berat badan yang ideal, banyak orang yang menghindari nasi saat menjalani proses diet, karena nasi dianggap sebagai sumber karbohidrat dan gula yang tinggi. Tapi nyatanya nasi adalah sumber energi yang penting dan bagian penting dari pola yang seimbang.

Berat badan yang ideal dan sehat dapat dicapai dengan melalui kombinasi berbagai aspek dari pola makan, pola hidup, hingga olahraga. Tenang, jangan begitu khawatir, sahabat ukhuwah masih bisa mengurangi berat badan saat diet dengan tetap mengkonsumsi nasi. Berikut tips yang dapat kami berikan kepada sahabat ukhuwah pakai untuk mencoba diet tanpa tersiksa.

1. Pilih Jenis Beras

Sahabat ukhuwah bisa memilih jenis beras yang kalori nya lebih rendah dibanding beras putih yang biasa dikonsumsi, Jenis beras ini, sudah dibersihkan kulit, dedak, dan kumannya. Dengan proses tersebut bisa memperpanjang umur simpan produk, namun nutrisi dan senyawa bermanfaat yang ada dalam dedak dan benih hilang selama di proses. Akibatnya, beras putih mengandung lebih sedikit serat, protein, anti oksida, serta vitamin dan mineral tertentu dibandingkan jenis beras lainnya.
Ada beberapa jenis beras yang bagus untuk konsumsi saat diet karena karena dinilai lebih sehat. Contohnya seperti beras cokelat, beras merah, beras hitam, beras porang dan beras shirataki. Kamu bisa memilih salah satu jenis beras tersebut saat menjalani program diet.

Baca juga: Aku Ikhlas, Tapi Ini Sakit

2. Defisit Kalori

Dilansir dari Healthline, faktor yang memainkan peran terbesar dalam menurunkan berat badan adalah konsisten mempraktikkan kalori defisit. Artinya, kita mengonsumsi kalori lebih sedikit dari pada yang dibakar setiap harinya.
Mengutip dari Primaya Hospitals, kebutuhan kalori untuk diet pada perempuan usia 19-30 tahun sekitar 2.000 hingga 2.400 kalori. Sementara, pada laki-laki usia 19-30 yakni antar 2.400 hingga 3.000 kalori.
Nah, secara perlahan kamu bisa mengurangi asupan kalori tersebut. Namun, perlu diingat bahwa asupan kalori harus disesuaikan dengan aktivitas. Sebab, penurunan berat badan yang tidak disertai kecukupan nutrisi justru akan membahayakan kesehatan.

3. Perbanyak Porsi Sayuran
Nasi dapat membuat kamu cepat merasa lapar dibandingkan sumber karbohidrat lainnya. Guna menghindarinya, perbanyak porsi sayuran maupun sumber serat lainnya, saat makan nasi. Sebab, serat dapat meningkatkan rasa kenyang, memperlambat pencernaan, dan mencegah sembelit. Makanan sumber serat antara lain, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

4. Pilih Cara Masak Yang Tepat

Metode memasak agar kalori dalam nasi berkurang adalah dengan cara direbus. Sebelum dimasak, kamu bisa merendam nasi beberapa saat, kemudian membuang airnya. Hindari menggoreng nasi atau menambahkan terlalu banyak lemak seperti ghee dan minyak, sebab dapat menambah kalori dalam nasi.

5. Perhatikan Porsi Nasi
Kamu perlu memperhatikan porsi nasi. Sesuaikan porsi nasi dengan kebutuhan diet kamu dalam setiap jadwal makan. Selain itu, hindari makan karbohidrat seperti tepung gandum, sagu dan lainnya sebelum menyantap nasi. Sebaiknya, hindari makan nasi bersama dengan sumber karbohidrat atau lemak. Itulah lima tips yang  bisa sahabat ukhuwah terapkan di kehidupan sehari-hari, agar pola makan tetap terjaga dan diet terus berjalan.

Penulis: Rani Dwi Oktafidiya
Editor: Imelda Melanie Agustin

About Post Author

Marshanda

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
100 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Aku Ikhlas, Tapi Ini Sakit
Next post Kenalkan Prodi Pada Khalayak Melalui Festival Komunikasi