Jangan Dibuang, Limbah Tahu Ini Ternyata Bermanfaat

Sumber: www.hipwee.com.

Ada banyak olahan berbahan dasar tahu, salah satunya ampas tahu. Meski terdengar tidak bisa diandalkan, ternyata makanan ini juga banyak peminatnya dan cukup terkenal di beberapa daerah di Indonesia.

Limbah kedelai atau ampas tahu ini merupakan bagian berserat dari kacang, yang terdiri dari bagian kedelai yang tidak larut dan tersisa setelah pure kedelai disaring agar menghasilkan susu kedelai dan tahu. Ampas tahu ini biasanya berwarna putih atau kuning pucat, selain itu ampas tahu juga memiliki kandungan seratnya yang tinggi yang biasa ada dalam masakan tradisional Korea, Jepang dan Cina.

Faktanya ampas tahu masih diminati sebagai bahan pangan, sampai-sampai negara maju seperti Cina, Jepang, Korea, dan beberapa negara Barat memasukkan makanan dari ampas tahu dalam menu mereka karena ampas tahu ternyata masih mengandung nutrisi yang cukup memadai.

Dilansir dari Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi ) Kandungan ampas tahu atau okara mengandung sekitar 20,93% protein, 10,31% lemak, 21,43% serat, serta mineral seperti 0,72% kalsium, 0,55% fosfor, dan komponen lainnya sebesar 36,69%

Melihat potensi nutrisi dan ekonomi dari ampas tahu sebagai bahan baku pangan, berbagai usaha untuk mengembangkan ampas tahu menjadi aneka olahan makanan telah banyak dilakukan. Bentuk olahan tidak hanya sebagai makanan tradisional seperti tempe gembus dan oncom, namun juga olahan lain seperti keripik, tepung ampas tahu, dan turunannya seperti kerupuk, brownie, biskuit dan nugget.

Berikut ini beberapa olahan yang dimanfaatkan dari ampas tahu.

Tepung

Pengolahan lainnya adalah tepung. Ampas tahu cukup tinggi kalori dan protein. Oleh karena itu, dapat diolah menjadi tepung beras atau tepung terigu. Tepung ini bisa digunakan untuk membuat kue dan masakan lainnya. Dalam penelitian yang dilakukan, tepung ampas terbukti sangat bermanfaat dalam mendukung tumbuh kembang anak

Aci Ampas Tahu

Doyan jajan aci? Yuk, tingkatkan nilai gizinya lewat manfaat ampas tahu yang tinggi serat, protein dan kalsium. Pertama, haluskan terlebih dahulu bawang putih, ketumbar, merica dan garam. Campurkan ke dalam ampas tahu dan tepung tapioka lalu bentuk bulat pipih. Goreng adonan aci dengan minyak panas hingga tampak kuning kecokelatan dan garing. Sajikan dengan sambal rujak yang asam dan pedas.

Baca juga: Dekan FDK UIN RF Terpilih sebagai Ketua Fordakom 2022-2024

Sabun Mandi Organik

Dilansir dari jurnal Universitas Jendral Soedirman, Kandungan yang  terdapat di dalam ampas tahu seperti isoflavon, lignan, fitosterol, coumestans, saponin dan fitat mempunyai manfaat yang bagus untuk kulit dengan menjaga elastisitas kulit sehingga terlihat lebih segar dan muda.

Ampas tahu juga mengandung asam linoleat yang tinggi, yaitu berkisar antara 51-69% yang berfungsi sebagai pelindung dan kelembaban kulit.

Sumber Pakan Ikan

Ampas tahu juga bisa diolah menjadi sumber pakan ikan, kandungan protein yang tinggi bisa membuat pertumbuhan dan perkembangan ikan menjadi lebih cepat. Cara pengolahan ampas tahu untuk pakan ikan adalah dengan menyimpan ampas tahu dalam sebuah tempat yang terbuka.

Kemudian untuk mengembangkan mikroorganisme maka ampas tahu diberi beberapa bahan tambahan seperti putih telur maupun sisa masakan ikan. Setelah beberapa hari dan banyak ditemukan mikroorganisme maka ampas tahu bisa diberikan kepada ikan. Ikan ternak seperti lele menjadi ikan yang sangat suka dengan jenis pakan ini.

Pupuk Organik

Manfaat ampas tahu tidak hanya berguna untuk makanan saja, bisa juga di jadikan pupuk..Ampas tahu mengandung beberapa mineral seperti nitrogen, fosfat dan kalium. Tiga jenis senyawa ini sangat penting untuk menyuburkan tanaman.

Cara pembuatan pupuknya pun cukup mudah, yaitu  dengan mencampurkan 1,5 kg ampas tahu, 2 liter air, dan 200 ml EM4 ke dalam ember yang telah disediakan kemudian diaduk secara merata. Tutup ember tersebut dan diamkan hingga 2 minggu

Setelah itu buka tutup ember tersebut kemudian saring pupuk organik cair yang telah dibuat tersebut menggunakan kain saring. Jadilah pupuk cair organic dari limbah ampas tahu yang kemudian dapat langsung digunakan pada lahan pertanian guna meningkatkan kesuburan lahan.

Nah, sahabat ukhuwah baru tau juga kan ternyata banyak banget manfaat baik dari ampas tahu ini asal  kita bisa mengolah dan memanfaatkannya dengan baik. Awalnya hanya dikenal sebagai limbah, ternyata dapat memenuhi kebutuhan harianmu. Bagaimana kamu tertarik menjajalnya?

Penulis: Odelia Winneke Putri (Pengurus LPM Ukhuwah)
Editor: Siti Alicia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *