Ini Pentingnya Kenapa Mahasiswa Harus Bergabung dalam UKMK

Foto bersama anggota dan pengurus Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Ukhuwah, salah satu UKMK di UIN Raden Fatah Palembang. Foto/Dok.Ukhuwah.

Artikel – Ukhuwahnews | Ketika memasuki dunia perkuliahan, tentunya sebagai mahasiswa baru (maba) kamu akan dihadapkan dengan hal-hal baru, salah satunya Unit Kegiatan Mahasiswa Khusus (UKMK). Biasanya, ini dikenalkan saat masa pengenalan kampus. Lalu, sepenting apasih UKMK bagi mahasiswa?

UKMK merupakan wadah berhimpunnya mahasiswa yang memiliki kesamaan minat, hobi serta tempat meningkatkan potensi dan kreativitas. Dalam hal ini, UKMK dapat dikatakan sama dengan ekstrakurikuler di sekolah.

Jika saat di bangku sekolah siswa mengembangkan bakat dan minat melalui kegiatan ekstrakurikuler, saat di perguruan tinggi UKMK inilah yang menjadi tempat mahasiswa untuk mengasah hobi dan bakat. Baik dalam bidang seni, olahraga, jurnalis, kewirausahaan, keagamaan ataupun lainnya.

Tentunya mahasiswa bebas menentukan untuk bergabung dalam UKMK apapun. Pastinya, dalam hal ini mahasiswa diharapkan memilih lembaga yang sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki. Karena, hal tersebut dapat memudahkan mahasiswa untuk mengasah dan meningkatkan potensi yang ada dalam dirinya.

Baca Juga: Peringati HUT RI Ke-77, UIN RF Gelar Upacara Kemerdekaan

Tetapi, bukan berarti kamu tidak boleh memilih UKMK yang bidangnya belum pernah kamu kenali lho. Tentunya hal tersebut tidak dilarang apabila kamu melakukannya. Justru apabila kamu mendalaminya, kamu bisa saja ahli dalam bidang tersebut.

Lantas, kenapa sih UKMK ini begitu penting bagi mahasiswa dalam dunia perkuliahan? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

1. Melatih Diri Keluar dari Zona Nyaman

Poin penting saat bergabung UKMK adalah untuk melatih diri supaya kamu bisa keluar dari zona nyaman dengan baik. Pasalnya, ada banyak hal yang akan kamu temukan saat berorganisasi. Salah satunya untuk berpikir dari sudut pandang yang berbeda dan tidak egois.

Setiap opsi A, B dan C yang diputuskan harus berdasarkan pertimbangan yang matang dan tak merugikan. Nah, disinilah kamu akan terlatih untuk melakukannya.

2. Terbiasa Melakukan Hubungan Sosial

Dengan mengikuti UKMK, tentunya akan mempererat tali persaudaraan antar mahasiswa. Karena, disuatu UKMK biasanya mahasiswa yang tergabung terdiri dari seluruh jurusan.

Hubungan baik inilah yang akan menjauhkan mahasiswa dari sikap individualisme. Kemampuan bersosialisasi yang didapatkan dari sinilah salah satu hal yang paling berharga dalam berorganisasi. Hal ini juga merupakan kunci keberhasilan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja.

3. Meningkatkan Potensi Diri

Belum tentu mahasiswa dengan Indeks Prestasi Kumuatif (IPK) yang tinggi benar-benar menguasai bidangnya. Kata lainnya “boleh pintar, namun lebih baik menjadi mahasiswa yang kreatif dan inovatif”.

Tentunya sebagai mahasiswa kamu dituntut harus memiliki sikap kritis, tanggung jawab tinggi dan mampu bersaing secara sportif. Oleh karena itu, jangan ragu-ragu untuk mengikuti UKMK yang ada di kampus kamu.

4. Waktu yang Kosong akan Terisi dengan Hal Positif

Daripada nongkrong hanya buang-buang waktu dan uang kamu, ada baiknya jika waktu itu kamu isi dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat. Contohnya, kamu bisa mengikuti kegiatan UKMK yang disukai. Alhasil, setelah selesai kuliah kamu bisa menerapkan kreativitas kamu dalam dunia kerja.

Nah, itu tadi penjelasan sedikit mengenai alasan kenapa UKMK penting dan harus masuk dalam list mahasiswa. Selain mengisi waktu luang dengan kegiatan-kegiatan yang lebih bermanfaat, UKMK juga bisa melengkapi Curriculum Vitae (CV) kamu.

Selain itu, ini juga bisa menentukan jalan kariermu di masa depan. Tentunya kamu tidak akan merasa menyesal saat mengikuti kegiatan mahasiswa tersebut karena manfaatnya akan dirasakan pada saat kamu sudah berada di dunia kerja.

Nah, teman-teman maba UIN Raden Fatah Palembang kira-kira mau gabung di UKMK apa nih?

Penulis: Odelia Winneke Putri
Editor: Annisa Dwilya Budaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *