Identik Dengan Ramadan, Berikut Fakta Unik Buah Kurma!

pixabay/pictavio.

Penulis: Masnona Zahirah Yulian (Anggota LPM Ukhuwah)

Halo, Sahabat Ukhuwah! Gimana nih, kabar berpuasanya? Kali ini, kita akan membahas seputar kurma. Sobat Ukhuwah pasti tidak asing lagi dengan buah manis yang identik dengan Bulan Ramadan ini bukan? Ternyata buah khas Timur Tengah ini memiliki banyak sekali fakta unik, di antaranya kurma menjadi makanan para astronot yang sedang berada di luar angkasa. Yuk simak penjelasan di bawah ini!

Dijuluki sebagai Tree of Life

Sama seperti pohon kelapa yang semua bagiannya dapat digunakan, pohon kurma pun demikian. Semua bagian tanamannya bermanfaat dan dapat digunakan dalam kehidupan kita sehari-hari. Salah satunya, yaitu batang pohon yang dapat digunakan untuk bangunan dan bijinya dapat digunakan sebagai bahan sabun bahkan eyeliner.

Kunci Rahasia Kecantikan Ratu Cleopatra

Pada zaman dahulu, ratu yang dikenal cantik dan awet muda ini memiliki lahan khusus yang ditanami oleh kurma terbaik. Selain beberapa buah seperti zaitun dan persik, kurma juga merupakan kunci dari kecantikan sang ratu. Buah ini mengandung banyak sekali nutrisi yang dapat membuat kulit cerah dan rambut sehat.

Makanan Untuk Bertahan Hidup

Percaya atau tidak, manusia ternyata dapat bertahan hidup hanya dengan makan kurma dan minum air saja. Contohnya saja seperti kaum Arab yang nomaden. Sebagian besar dari mereka hanya mengonsumsi kurma kering dan susu kambing untuk makan.

Baca Juga: Buka Puasa Dengan yang Dingin-dingin, Apakah Sehat?

Jarang Dikerumuni Semut

Walaupun manis, buah yang sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu ini jarang sekali dikerumuni semut jika diletakkan di ruang yang terbuka. Hal ini dapat menjadi cara untuk kita membedakan mana kurma yang asli dan yang memakai pemanis buatan. Kurma yang asli tentunya tidak akan dikerumuni oleh semut, berbeda dengan yang memakai pemanis buatan.

Makanan Wajib Para Astronot

Kita semua tahu bahwa kurma memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan bergizi tinggi, maka dari itu buah ini mejadi salah satu makanan wajib bagi para astronot. Selain karena awet dan tidak mudah busuk, buah ini juga berbentuk kecil dan tidak membutuhkan banyak ruang untuk menyimpannya. Selain itu, kurma juga dipercaya mampu membuat tubuh astronot lebih sehat saat di luar angkasa.

Nah, Sahabat Ukhuwah sekarang sudah tahu kan apa saja fakta unik dan menarik yang terdapat pada kurma! Selain menjadi makanan manusia, kurma juga dapat dikonsumsi oleh hewan loh salah satunya unta. Unik sekali bukan? Semoga fakta-fakta unik di atas dapat menambah pengetahuan Sahabat Ukhuwah yaaa. Selamat menjalankan puasa!

Editor: Annisa Dwilya Budaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *