Google Gratiskan Fitur Workspace Untuk Penggunanya

Perusahaan teknologi ternama Google kini menghadirkan fitur Workspace secara gratis bagi para penggunanya. Fitur yang awalnya disebut sebagai Google G Suite ini sekarang tersedia dalam versi gratis maupun berbayar.

Secara tampilan, antara Google Workspace berbayar dan gratisan tidak memiliki banyak perbedaan. Hanya saja, sebagian fitur yang mulanya dikenai biaya berlangganan kini dapat diakses secara gratis.

Google menambahkan fitur tambahan dalam Workspace seperti menampilkan Google Docs, Sheet, atau Slide ketika dalam panggilan Google Meet. Selain itu, terdapat fitur menyebut pengguna lain @ (mention) ke dalam tugas tertentu kini juga telah hadir kepada seluruh pengguna layanan Google.

Semua aplikasi yang ada di Google Workspace kini lebih terintegrasi dan terdapat fitur tambahan untuk mempermudah pengguna. Contoh integrasi di sini adalah layanan Google Chat, Meets, dan Room yang dapat langsung diakses di menu Gmail.

Menurut Google, pembaruan tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan efisiensi kerja.

“Efisiensi adalah segalanya. Kami berupaya untuk menambahkan fitur bermanfaat yang mempermudah penyelesaian pekerjaan terpenting Anda,” tulis Google di halaman resminya.

Meski digratiskan, Google masih menyediakan versi berbayar dengan fitur-fitur premium. Fitur premium itu seperti layanan booking cerdas, panggilan video profesional, email marketing yang bisa dipersonalisasi, dan lainnya. Layanan berbayar itu dapat digunakan baik oleh pengguna perorangan maupun pengguna bisnis.

Salah satu fitur baru yang akan disediakan untuk pelanggan berbayar adalah enkripsi dokumen sisi klien. Fitur ini akan memungkinkan perusahaan untuk mengenkripsi dokumen yang bahkan Google sendiri tidak dapat mengakses dokumen tersebut.

Enkripsi tersebut dapat diterapkan ke dokumen yang disimpan maupun diunduh dari Google Workspace. Sehingga meskipun diakses secara offline, pengguna masih memerlukan kunci enkripsi yang benar untuk mendapatkan akses.

Untuk menggunakan fitur-fitur gratis yang telah disediakan, pengguna cukup mengakses melalui laman workspace.google.com. Pengguna akan diberikan pilihan untuk mencoba secara gratis atau menggunakan layanan berlangganan.

Reporter: Wisnu Akbar Prabowo
Editor: Bunga Yunielda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *