Read Time:1 Minute, 44 Second
Desain/Canva

Artikel – Ukhuwahnews | Pada tahun 2019 Corona Virus mulai menyebar di masyarakat seluruh dunia kesehatan menjadi hal penting waktu itu. Masyarakat bukan hanya menjaga kesehatan diri namun juga kesehatan mental.

Anak muda zaman sekarang yang sering di sebut dengan istilah generasi Z atau gen Z mungkin tidak asing lagi dengan kesehatan mental, karena kebanyakan anak muda sekarang mudah terbawa perasaan dengan perkataan orang lain apabila mengatakan “Aku Mental Health”.

Namun, banyak orang yang salah mengartikan mental issue dan malah menjadikannya sebagai sebuah tren. Akhirnya, terjadilah sebuah kata self-diagnose yang muncul dari orang-orang yang merasa memiliki mental issue tersebut.

Sebelumnya sudah pada tau belum apa itu Self-Diagnosis?

Self-diagnosis adalah mendiagnosis diri sendiri mengidap sebuah gangguan atau penyakit berdasarkan pengetahuan yang di cari secara mandiri. Saat orang melakukan self-diagnosis seolah mereka mengetahui masalah tentang kesehatan yang di alami, alih-alih pergi ke Dokter orang tersebut malah mencari lewat internet.

Baca juga: Anak Kost Harus Tau! Dua Menu Simpel yang Wajib Dicoba Saat Tanggal Tua

Setelah Sobat Ukhuwah mengetahui tentang pengertian self-diagnose, tentu dapat kita sadari bahwa itu memiliki dampak yang buruk karena berpengaruh pada kesehatan mental sehingga menyebabkan Anda mengalami kekhawatiran yang sebenarnya tidak diperlukan.

Jika salah mendiagnosis diri sendiri maka bisa berbahaya karena akan salah dalam pengobatannya. Oleh karena itu, mengapa disarankan untuk meminta bantuan tenaga ahli medis seperti dokter, kalau hanya didiamkan saja maka akan memicu gangguan kesehatan yang lebih parah.

Jadi, setelah kita mengetahui tentang self-diagnose dan dampak buruk yang dapat di alami jika memiliki pemikiran yang berlebihan. Salah satu langkah yang paling awal kita lakukan yaitu dengan cara menghindarinya. Jangan mencari cara penyelesaian suatu masalah dari internet akan lebih baik untuk tidak mengikuti tes-tes online terkait kesehatan mental. Apabila merasa punya gangguan mental tertentu segera periksakan diri ya Sobat Ukhuwah.

Nah, jadi teman-teman self-diagnose sangat berbahaya dengan kesehatan mental dan memilik dampak buruk. Ada baiknya untuk mulai memperhatikannya karena mungkin saja hal ini tidak disadari ternyata kamu mengalami self-diagnose.

Reporter: Rindang
Editor: Putri Ayu Lestari

About Post Author

Putri Ayu Lestari

Mahasiswa Program Studi Jurnalistik tahun 2021 UIN Raden Fatah Palembang
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Anak Kost Harus Tau! Dua Menu Simpel yang Wajib Dicoba Saat Tanggal Tua
Next post Berikut Bentuk Pelecahan dan Tips Menghindarinya!