Catat! Begini Cara Menyusun Laporan KKN yang Baik

Ilustrasi mahasiswa mengetik laporan KKN. Pixabay/StartupStockPhotos.

Artikel – Ukhuwahnews | Hallo, Sahabat Ukhuwah! Sudah selesaikah laporan Kuliah Kerja Nyata (KKN) kamu? Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang sendiri baru saja usai melaksanakan kegiatan mengabdi ke masyarakat dengan melepas 1.816 mahasiswanya ke kota Prabumulih.

Tahukah kamu, menurut edaran dari Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), batas pengumpulan laporan yakni 6 September mendatang? Lantas, bagaimana menyusun laporan KKN kamu dengan baik? Berikut Ukhuwahnews sajikan langkah-langkah menyusun laporan KKN!

Halaman Judul dan Kata Pengantar

Ya, langkah pertama tak lain dan tak bukan kamu harus mempersiapkan judul dan kata pengantar. Judul tersebut bakal mewakili apa saja yang sudah kamu lakukan selama KKN. Pastikan judul yang kamu pilih selaras dengan jurusan dan fakultas masing-masing.

Daftar Lampiran

Lampiran menjadi jantungnya laporan yang kamu buat, sebab dengan foto-foto dokumentasi selama kegiatan KKN menjadi bukti nyata bahwa kamu benar-benar melakukan kegiatan di desa tempat mengabdi.

Baca Juga: Undang DPRD Sumsel, FEBI UIN RF Laksanakan PBAK Inovatif 2022

Tujuan KKN

Selain lampiran, kamu juga perlu mencatat ulang tujuan KKN yang kamu lakukan. Seperti laporan pada umumnya, kamu harus memaparkan tujuan kegiatan sebelum menyusun laporan lebih jauh.

Deskripsikan Desa

Yang satu ini menjadi bagian pelengkap untuk laporan yang kamu buat. Sejarah desa sampai terbentuknya desa dapat kamu jabarkan di bagian ini. Selain itu, dalam bagian ini bisa ditambahi berapa lama waktu yang kamu lalui di tempat abdi.

Penutup dan Kesimpulan

Terakhir, tetapi tidak kalah penting yakni penutup dan kesimpulan. Kamu harus menyimpulkan sedikit banyak mengenai laporan yang kamu buat, baik itu cara pergaulan kamu di masyarakat maupun program kerja apa yang kamu lakukan di desa selama kegiatan.

Nah, itulah beberapa langkah-langkah penting yang perlu kamu persiapkan untuk menyusun laporan KKN. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, selesaikan segera sebelum batas waktu pengumpulan habis!

Penulis: M Firdaus
Editor: Wisnu Akbar Prabowo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *