Bolehkah Mengenakan Make-Up Saat Sholat Id?

sumber: freepik.com

Halo, Sahabat Ukhuwah! Berpenampilan cantik dan anggun saat hari raya merupakan hal yang sangat diperhatikan kaum hawa. Apalagi ditengah kondisi pandemi yang mulai pulih, membuat sebagian aktivitas hari raya diperbolehkan. Salah satunya salat Idulfitri 1443 Hijriah yang dilaksanakan di masjid.

Melansir dari Liputan6.com, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito dalam konferensi pers via daringnya menyatakan, pemerintah mengizinkan pelaksanaan salat Idulfitri di masjid atau lapangan terbuka pada 1 Syawal mendatang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Selain mempersiapkan pakaian dan aksesoris terbaiknya, riasan wajah yang ciamik akan sangat dimaksimalkan wanita untuk menyambut hari kemenangan umat muslim ini.

Lalu bagaimana hukumnya riasan make-up dan produk skincare yang akan diaplikasikan ke wajah saat kita salat?

Skincare (perawatan kulit) dan make-up adalah sahabat dan kebutuhan dasar perempuan untuk merawat dirinya agar tetap terlihat menarik dan segar. Dalam Islam, mengenakan produk skincare dan make-up setelah berwudu diperbolehkan. Produk-produk tersebut bukanlah sebuah najis yang diharamkan hukumnya.

Baca Juga: Sucikan Diri Dengan Zakat di Penghujung Ramadan

Bagaimana jika produk skincare dan make-up yang dikenakan mengandung alkohol? Mengutip dari medcom.id, Imam Syafi’i mengkategorikan alkohol yang terdapat di produk tersebut sebagai najis yang dimaafkan jika digunakan untuk kemaslahatan umat.

Kemaslahatan umat ini contohnya di bidang kesehatan yang saat ini masih kita temui, yakni hand sanitizer atau wewangian. Kandungan alkohol di produk-produk ini tergolong tidak memabukkan karena tidak diminum.

Dalam Islam pula, menghias diri dan berpenampilan menarik bagi wanita maupun laki-laki diperbolehkan, apalagi konteksnya untuk memasuki masjid dan merayakan Hari Raya. Namun dengan catatan, tidak berlebihan dan tidak mengundang syahwat (nafsu).

Dapat disimpulkan, apabila kita mengenakan make-up atau skincare setelah berwudu dan saat hendak salat, maka hal tersebut tetap sah. Jadilah cantik menurut Islam ya, Sahabat Ukhuwah!

Penulis: Elyssa Meilyana (Pengurus LPM Ukhuwah)
Editor: Annisa Dwilya Budaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *