Benarkah Daun Sungkai Penangkal Covid-19? Ini Faktanya

Sumber: Indonesia.go.id

Daun Sungkai, mungkin ini tidak asing lagi dengan nama tanaman yang berasal dari Kalimantan ini. Daun Sungkai saat ini tengah populer karena dianggap dapat menangkal Covid-19.

Hal ini dikarenakan Daun Sungkai disebut namanya oleh Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Letjen Doni Monardo dalam sebuah rapat perkembangan penangangan Covid-19 dengan para Gubernur seluruh Indonesia, yang dilakukan melalui konferensi video, pada Rabu (22/04/2020).

Dikutip dari mhomecare.co.id, tanaman ini dapat ditemukan pada beberapa daerah di Sumatera, seperti Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Jambi.

Selain itu, di Jawa Barat dan seluruh wilayah Kalimantan. Sungkai dapat tumbuh di hutan sekunder dengan berbagai jenis tanah yang cukup mengandung air, seperti di tepi sungai dan tergenang air tawar.

Sungkai ini tumbuh didaerah tropis dengan curah hujan A hingga C. Tanaman ini merupakan tanaman kayu-kayuan yang mencapai tinggi 20-30 meter, dengan diameter batang 60 cm atau lebih. Tinggi batang bebas cabang bisa mencapai 15 meter. Bentuk batang lurus dengan lekuk kecil. Kulit berwarna abu-abu atau sawo muda, rantingnya penuh dengan bulu-bulu halus, dan daun majemuk bersirip ganjil.

Kegunaan Tumbuhan Sungkai

Masyarakat Sumatera dan Kalimatan biasanya memanfaatkan sebagai obat herbal. Sungkai bukan hanya daunnya saja yang berkhasiat, namun juga kulit batangnya juga turut berkhasiat sebagai obat.

1. Obat flu dan demam

Sebagian masyarakat Indonesia masih mengandalkan obat tradisional untuk mengobati penyakit. Begitu juga dengan Daun Sungkai, suku Dayak di Kalimantan seringkali memanfaatkan Daun Sungkai sebagai obat demam, pilek, dan cacingan.

2. Mengobati malaria

Minum air rebusan bagian daun dan kulit batang pohon ini, dipercaya bisa mengobati malaria, dan menjaga stamina tubuh.

3. Campuran air mandi sehabis bersalin

Daun sungkai juga dipercaya dapat membantu merilekskan tubuh ibu selepas melahirkan secara normal. Dengan mencampurkan air dan Sungkai, lalu gunakan saat mandi.

4. Menyembuhkan sariawan dan sakit Gigi

Berkumur dengan rebusan Daun Sungkai juga dipercaya dapat mengobati sariawan dan sakit gigi. Rebusan Daun Sungkai yang masih muda, gunakan untuk berkumur ketika masih hangat supaya kuman yang ada di mulut mati.

5. Peningkat imunitas tubuh

Rebusan Daun Sungkai muda dapat meningkatkan imunitas tubuh. Daun Sungkai yang masih muda lebih memiliki banyak khasiat. Daun Sungkai muda terlihat dari daunnya yang masih berwarna ungu kemerah-merahan.

Namun, dari manfaat Sungkai di atas tidak ada fakta yang mengatakan Daun Sungkai sebagai obat menangkal Covid-19. Seperti yang diketahui belakangan tersebar info di media sosial yang menyebutkan bahwa Daun Sungkai dapat menyembuhkan pasien Covid-19.

Faktanya, dikutip dari Liputan6.com klaim tentang Daun Sungkai sebagai obat untuk menyembuhkan pasien positif  virus corona tidak terbukti. Hal ini disampaikan oleh Dokter Spesialis Paru Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, Dr. Erlinda Burhan.

Hingga kini, belum ada laporan pasien sembuh dari Covid -19 karena mengosumsi Daun Sungkai. Bahkan, belum ada riset terkait Daun Sungkai yang dapat menyembuhkan pasien positif Covid-19.

Reporter: Dwi Reynaldi
Editor: Muhamad Firdaus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *