Asal-usul dan Macam-macam Takjil Terpopuler di Indonesia

pixabay/InstagramFOTOGRAFIN.

Penulis: Annisa Meidiani (Pengurus LPM Ukhuwah)

Siapa yang tidak tahu dengan istilah takjil. Ya, dilansir dari Wikipedia, takjil adalah istilah umum untuk kudapan yang dimakan sesaat setelah berbuka puasa. Biasanya berupa makanan manis seperti kolak pisang, sop buah, es campur dan lain sebagainya.

Tradisi menyajikan takjil di Bulan Ramadan diartikan sebagai hidangan untuk berbuka puasa, terutama makanan dan minuman manis yang disantap sebelum berlanjut ke menu utama.

Menurut tradisi orang Arab, buah kurma sebagai makanan pembuka yang harus dikonsumsi terlebih dahulu karena selain manis kurma juga banyak manfaatnya.

Bisa jadi, awal mula kata takjil terbentuk karena masyarakat Arab menyegerakan berbuka puasanya dengan kurma. Sehingga, kurma dianggap sebagai salah satu jenis takjil yang kemudian berkembang menjadi makanan dan minuman kecil untuk memulai berbuka puasa.

Selama bulan suci Ramadan, berikut menu khas takjil yang selalu menggunggah selera di Indonesia dan juga terdapat di beberapa negara tetangga yang bertahan sampai saat ini:

  • Kolak Pisang

Salah satu menu tradisional dengan perpaduan buah pisang, ubi dan labu dalam kuah santan dengan gula merah ini sebagai salah satu sajian takjil populer hingga saat ini. Makanan ini paling sering dicari selama Bulan Ramadan karena mampu menyegarkan dahaga setelah beberapa jam menahan lapar dan haus.

Baca Juga: Skuter Listrik, Alternatif Kendaraan Masa Depan yang Ramah Lingkungan

  • Sop Buah

Selain kolak, menu takjil lainnya yang terkenal di Indonesia adalah sop buah. Sajian ini paduan dari macam-macam jenis buah yang diberi es batu, sirup dan susu. Kesegaran sop buah memang menggugah selera setelah menahan dahaga seharian selama puasa. Selain menghilangkan dahaga, semangkuk sop buah juga mampu mengembalikan energi setelah berpuasa. Biasanya selama Bulan Ramadan, penjual es sop buah tidak akan sulit ditemukan.

  • Es Kelapa Muda

Es kelapa muda sudah menjadi ciri khas sebagai menu takjil saat berbuka puasa di Indonesia. Karena selain pedagangnya sangat mudah ditemukan, es kelapa muda juga mudah dibuat sendiri di rumah. Perpaduan buah kelapa muda, susu dan es batu dengan rasanya yang sangat manis dan segar mampu menghilangkan dahaga saat disantap ketika buka puasa.

  • Bubur Sumsum

makanan berupa bubur berwarna putih yang terbuat dari tepung beras dan dimakan dengan kuah manis (air gula merah) ini sangat pas dijadikan takjil saat berbuka puasa. Teksturnya yang lembut dan ringan menjadi salah satu alasan mengapa makanan ini menjadi salah satu takjil. Rasa bubur yang gurih dan dipadukan dengan kuah manis sangat nikmat dijadikan menu pembuka karena makanan ini tidak terlalu berat. Di Indonesia sama seperti takjil yang lain di atas, buur sumsum tidak sulit untuk ditemukan karena saat Bulan Ramadan banyak sekali pedagang yang berlomba-lomba menjual makanan ini.

  • Laksan

Dan yang terakhir menu takjil berbuka puasa berasal dari Kota Pempek atau Palembang adalah laksan. Laksan ialah makanan berbahan ikan dan tepung yang didampingi kuah santan yang gurih dan sedikit pedas. Hampir sama dengan bahan untuk membuat pempek, namun laksan dimasak dengan bentuk yang lebih pipih dan panjang. Kuah laksan yang terbuat dari santan dan campuran daging ikan, membuat lebih gurih. Makanan ini sangat cocok dijadikan takjil ketika berbuka puasa karena tidak terlalu berat dan rasanya yang juga sangat nikmat untuk menjadi makanan pembuka.

Itulah sedikit penjelasan asal-usul kata takjil dan beberapa takjil populer di Indonesia. Nah, Sahabat Ukhuwah kira-kira buka puasa hari ini mau takjil yang mana?

Editor: Annisa Dwilya Budaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *