Read Time:3 Minute, 3 Second
Sumber/Freepik

Artikel – Ukhuwahnews | Memilih jurusan kuliah merupakan langkah penting membentuk karir dan masa depan, tidak semua orang dapat merasakan kepuasan dengan pilihan jurusan yang mereka ambil. Oleh karena itu ada baiknya proses penentuan jurusan dilakukan dengan matang agar tidak menyesal nantinya.

Beberapa jurusan kurang memiliki prospek karir yang jelas, semua tergantung dengan skill serta keahlian masing-masing orang.

Terkadang dalam memilih jurusan kuliah jangan hanya memperhatikan minat saja, namun prospek kerja setelah lulus menjadi pertimbangan juga, karna pada kenyataannya kebanyakan mahasiswa memiliki keluhan ketika mencari pekerjaan dan gaji yang dihasilkan relatif kecil.

Beberapa jurusan-jurusan ini paling banyak disesali lulusannya, berikut adalah sepuluh jurusan yang harus kalian ketahui:

1. Jurnalistik (87%)Jurnalistik jadi urutan pertama jurusan yang paling disesali, merupakan cabang studi dari Ilmu Komunikasi yang mempelajari bagaimana cara memproduksi, mengumpulkan, menyeleksi, dan mengelola informasi yang didistribusikan melalui media massa.
Dalam survei tersebut, peringkat tertinggi jurusan yang paling banyak disesali lulusannya adalah jurnalistik. Jurusan ini memperoleh posisi pertama dengan jumlah persentase sebesar 87 persen.

2. Sosiologi (72%)
Pada urutan kedua ada jurusan Sosiologi, merupakan studi yang berfokus pada perilaku dan sifat masyarakat, mulai dari sistem kehidupan, interaksi, karakteristik, dan perkembangannya dari masa ke masa. Sosiologi menempati posisi kedua dalam survei jurusan kuliah yang disesali para lulusannya.

3. Jurusan Seni (72%)
Ada banyak jurusan kesenian yang tersedia di sejumlah kampus di Indonesia dengan pilihan konsentrasi yang bervariasi, seperti Desain Komunikasi Visual (DKV), Desain Interior, Produksi Industri, Desain Grafis, dan lainnya.

Meski termasuk desain yang banyak dipilih, akan tetapi seni merupakan salah satu jurusan kuliah yang disesali alumninya. Jurusan Seni menduduki posisi ketiga dengan persentase yang sama dengan jurusan Sosiologi yakni 72 persen

4. Komunikasi (64%)
Ilmu komunikasi merupakan program studi yang mempelajari proses penyampaian pesan secara efektif. Jurusan ini berada di posisi keempat dalam survei jurusan yang paling disesali.

5. Pendidikan (61%)
Jurusan Pendidikan adalah jurusan kuliah yang mempelajari teori, metodologi, hingga praktik keilmuan dari berbagai aspek kependidikan.

Jurusan Pendidikan memperoleh posisi kelima jurusan yang paling disesali dengan persentase sebesar 61 persen.

Baca Juga: Fenomena Selisih Harga Etalase vs Kasir, Apa Penyebabnya?

6. Manajemen Marketing + Riset (60%)
Di posisi keenam adalah jurusan Marketing Manajemen dan Penelitian yang meraih persentase sebesar 60 persen. Jurusan ini fokus pada perencanaan, pengelolaan, pelaksanaan, pengawasan, hingga ke tahap evaluasi semua proses pemasaran.

7. Pendamping Medis (56%)
Pendamping Medis atau Clinical Assisting adalah jurusan yang berada di posisi ketujuh. Jurusan kesehatan sendiri terdiri atas berbagai pilihan bidang.

Adapun yang dimaksud jurusan Pendamping Medis adalah jurusan-jurusan pelengkap yang membantu dalam kegiatan bidang medis atau kesehatan. Jurusan Pendamping Medis berada di posisi ketujuh dengan persentase sebesar 56 persen.

8. Ilmu Politik dan Pemerintahan (56%)
Ilmu Politik dan Pemerintahan adalah cabang ilmu sosial yang mempelajari berbagai aspek terkait politik, pemerintahan, kebijakan publik, dan hubungan internasional.

Ilmu Politik dan Pemerintahan adalah salah satu jurusan yang paling disesali dengan persentase 56 persen.

9. Biologi (52%)
Biologi adalah cabang Ilmu Pengetahuan Alam yang mengkaji tentang sel, struktur organ, fungsi organ, dan berbagai fenomena yang terkait dengan makhluk hidup.

Biologi menjadi salah satu jurusan yang banyak disesali lulusannya dengan jumlah persentase sebesar 52 persen.

10. Sastra Inggris (52%)
Sastra Inggris adalah jurusan yang disesali lulusannya. Jurusan ini menempati posisi kesepuluh dengan jumlah persentase sejumlah 52 persen.

Program studi Sastra Inggris mempelajari berbagai aspek dari karya-karya sastra Inggris, mulai dari sejarah, teori, kritik, hingga analisisnya.

Demikian 10 jurusan yang paling banyak disesali, sebelum kalian mengambil jurusan sebagai fokus studi, ada baiknya harus memperhatikan prospek pekerjaan kedepan. Namun, apabila sudah telanjur basah, kalian bisa mencoba mencintai dan mencari alasan lain untuk menikmati jurusan saat ini.

Reporter: Tia Apriyani
Editor: Rhessya Putri Wulandari Tri Maris

About Post Author

Hanifah Asy Syafiah

Happy
Happy
100 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Mengapa Hujan Memiliki Aroma Yang Khas?
Next post PJTD LPM Ukhuwah, Berikan Nuansa Baru Pada Peserta