Angkat Isu Lingkungan Jumantara 2020, UKPM Teknokra adakan PJTLN Daring

Jurnalis Pemerhati Lingkungan Laut, Budisantoso Budiman sedang menjadi pemateri dalam Pelatihan Jurnalistik Tingkat Nasional (PJTLN) dengan tema Jurnalis Mahasiswa Nusantara (JUMANTARA) 2020 di UKPM Teknokra Universitas Lampung yang diikuti oleh peserta dari Pers mahasiswa se-Indonesia. Jum’at, (23/10/20).

Ukhuwahnews | Mengangkat tema Jurnalis Mahasiswa Nusantara (JUMANTARA) 2020, Unit Kegiatan Pers Kampus (UKPM) Teknokra Universitas Lampung adakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional (PJTLN) secara daring dan diikuti oleh peserta dari berbagai Lembaga Pers Mahasiswa di Indonesia, acara ini dibuka oleh wakil Rektor III  Universitas Lampung, Jumat (23/10/20).

Mengangkat jurnalis sebagai pemerhati lingkungan, Dihadiri oleh 58 peserta, hari pertama pelaksanaan PJTLN peserta diberikan materi dan juga wawasan terkait kondisi lingkungan laut saat ini.

Dalam sambutanya, Wakil Rektor III Universitas Lampung, Prof. Yulianto mengingatkan kembali bahwa seorang pers kampus haruslah bertanggung jawab, pers kampus harus bisa menjaga ketertiban, menyajikan fakta, tidak melakukan pemaksaan kehendak, dan dia juga mengatakan pers kampus harus bisa menjadi patner atau mitra.

“Pers kampus hendaknya memiliki ciri khas tersendiri dibanding pers lain diluar kampus, kalian harusnya lebih edukatif,”ujarnya

Dilain hal, pada saat penyampaian materi, editor Mongabay, Jay Fajar menyampaikan tentang bagaimana seorang wartawan atau pers menyampaikan isu lingkungan, ditambah dengan banyaknya isu kerusakan lingkungan yang sangat menghawatirkan terutama lingkungan laut Indonesia.

“Topik yang saat ini banyak dicari itu ada makhluk ekosistem bawah laut, satwa yang terdampar seperti paus, dan juga polusi atau pencemaran laut, ini adalah topik lingkungan yang sering dicari,” katanya

Jay menambahkan dalam peliputan isu lingkungan harus tahu apa yang akan diliput, bisa dari penyebab pencemaran, kondisi fisik laut dan pesisir, dampak pencemaran bagi satwa laut maupun nelayan.

Diwaktu yang sama Redaktur Kantor Berita Antara, Budisantoso Budiman menjelaskan bagaimana keadaan laut di Lampung saat ini, kekayaan pesisir lampung yang telah banyak dimanfaatkan sebagai daerah wisata merupakan hal bagus namun ada beberapa pesisir lampung yang meilikiki keeksotisan yang luar biasa namun belum didukung dengan infrastruktur yang memadai.

“Kalau melihat kembali potensi yang ada di anak gunung Krakatau, ada rencana untuk pengambilan batu apung atau pasir yang ada dibawah gunung, dan hal ini bertujuan untuk mengurangi erupsi, namun bukan tidak mungkin hal ini juga akan merusak lingkungan nantinya,” ucapnya

Budisantoso juga mengatakan isu lingkungan sangat menarik untuk diangkat dalam sebuah cerita atau berita, tinggal bagaimana kita mengasah pengetahuan dan sebagai pers kampus harus tahu isu lingkungan yang terjadi di sekitar kita, yang terjadi dalam keseharian seperti sampah.

Reporter : Delta Septi Asmara
Editor : Yuni Rahmawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *