Kabar Sumsel

Wanita dan Gunung : Bagaimana Menjadi Seorang Relawan Bencana

Puluhan peserta menghadiri acara Meet Up ke-2 Komunitas Wanita dan Gunung beserta Basarnas di Kedai Siru Palembang, Sabtu (26/01/2019). Ukhuwahfoto. By : Siti Wijaya.

Palembang – Ukhuwahnews.com | Mengingat di akhir tahun 2018 sampai sekarang, sebagian wilayah Indonesia kerap dilanda bencana alam, Komunitas Wanita dan Gunung (WG) mengadakan Meet Up ke-2 dengan mengusung tema “Bagaimana Menjadi Seorang Relawan Bencana” di Kedai Siru Palembang, Sabtu (26/01/2019).

Kegitan ini turut menghadirkan pemateri dari Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas).

Ketua Pelaksana, Fipi Septiana mengungkapkan, setelah banyak bencana yang terjadi di Indonesia seperti banjir, gempa, tsunami dan sebagainya; dalam hal ini, peran relawan sangat dibutuhkan untuk membantu korban terkena bencana.

“Tidak mungkin Basarnas harus turun tangan semua. Jadi peran kita semua di sini dibutuhkan,” ujarnya.

Menurut Fipi, walaupun di Palembang jauh dari bencana gunung meletus dan tsunami, setidaknya dia serta rekan-rekannya bisa bermanfaat bagi korban bencana di wilayah lain.

“Sebaik-baiknya manusia ialah dia yang bermanfaat untuk orang lain,” tambahnya.

Sementara, saat mengisi materinya, Rescuer Mahir dari Basarnas, Mancarah Wanto menjelaskan bahwa menjadi seorang relawan itu dibutuhkan kemampuan. Misalnya, di bidang rescuer, dapur umum dan lain sebagainya. Kemudian, dibutuhkan juga fisik yang kuat, sehingga bisa maksimal ketika di lapangan.

“Untuk pemula, maka kita akan ajarkan mengenai dasar-dasar dalam menjadi relawan,” jelasnya

“Basarnas juga terbuka bagi teman-teman semua apabila ada yang ingin mengundang kami sebagai pemateri terkait hal ini,” pungkasnya.

Sebelumnya, untuk peserta kegitan Meet Up ke-2 Komunitas WG sendiri, panitia hanya menargetkan kuota 50 orang. Namun, menurut panitia, karena antusias masyarakat, saat pelaksanannya, pererta yang hadir dalam kegiatan ini sebanyak 70 orang.

 

Reporter : Yuni Rahmawati, Siti Wijaya

Editor : Alfi BS

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah