Health

Vaksin Cegah Penyakit Difteri

Sejumlah petugas vaksin dari Puskesmas Skip melakukan persiapan sebelum memberikan vaksin kepada mahasiswa dan mahasiswi di Univeristas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, (24/4/2018). Foto/IST

Sejumlah petugas vaksin dari Puskesmas Sekip melakukan persiapan sebelum memberikan vaksin kepada mahasiswa dan mahasiswi di Univeristas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, (24/4/2018). Ukhuwahfoto/Ist

Palembang – Ukhuwahnews.com | Difteri merupakan penyakit yang disebakan oleh bakteri difteri, inveksi bakteri ini dapat menular. Untuk mencegahnya pemerintah mengadakan vaksinaisasi imunisasi difteri di lingkungan pendidikan.

Dr. Eldhi Aprian Hilmi mengatakan, imunisasi  pencegahan difteri sebelumnya telah  dilakukan pada lingkungan TK, SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi di wilayah Puskesmas Sekip.

“Kami melakukan kerja sama dengan pihak-pihak sekolah karena targetnya untuk  anak-anak sekolah dari umur 1-19 tahun.  Yang mengikuti imunisasi ini untuk jumlahnya ada banyak, tidak tahu pasti jumlahnya sudah berapa yang mengikuti,” tambahnya.

Dr. Eldhi Aprian Hilmi juga mengatakan, penyakit difteri sangat berbahaya karena bisa menyerang  tonsil, “jika tonsil itu membesar bisa menggangu dari pernafasan hingga bisa menyebabkan kematian,” ujarnya.

Kejadian luar biasa difteri khususnya di Palembang pernah terjadi. Pada daerah puskesma sekip sudah ada satu anak yang terinfeksi difteri. “Makanya dari pemerintah diadakan imunisasi difteri tersebut untuk mengurangi infeksi difteri,” pungkas Dr. Eldhi Aprian Hilmi.

Reporter: Siti Wijaya, Melati Arsika

Editor: Muhammad Rajab

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah