Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Usai 10 Hari KKL di UNY, Mahasiswa Gelar 2 Hari Seminar

Mahasiswi Pendidikan Biologi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang sedang memepresentasikan hasil praktikum Kuliah Kerja Lapangan (KKL) dalam Seminar KKL di Academic Center, Selasa (9/4/19). Ukhuwahfoto/Syarifah.

UIN RF – Ukhuwahnews.com | Setelah 10 hari melakukan Praktikum Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), mahasiswa Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Kegururan (FITK) Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN) Palembang gelar seminar di Academic Center untuk memenuhi nilai akademik, Selasa (9/4/19).

Menurut Ketua Pelaksana Acara, Syahrul Gunawan, seminar berlangsung selama dua hari. Kemarin (9/4/19) beragendakan kuliah tamu, dan hari ini persentasi hasil praktikum selama di UNY.

“Kemarin kuliah tamu dengan narasumber kepala jurusan Pendidikan Biologi UNY, Dr. Paidi M.Si dan dosen Pendidikan Biologi UIN RF Dr. Delima Engga,” ujarnya saat ditemui di sela-sela seminar.

KKL yang telah berlangsung sejak Minggu (3/2) hingga Selasa (12/2) tersebut diikuti oleh 400 mahasiswa. Pesertanya merupakan mahasiswa dari angkatan 2016 hingga 2018.

“Untuk KKL-nya khusus untuk semester 6 (red: angkatan 2016), sedangkan angkatan 2017 dan 2018 hanya turut berpartisipasi, agar dijadikan contoh untuk mereka dalam melaksanakan KKL nanti,” jelasnya.

Syahrul juga mengungkapkan, selama di UNY mereka melakukan Praktikum dengan mudah karena laboratorium disana memiliki fasilitas yang lengkap dan canggih.

“Kami melaksanakan praktikum seperti Kultur Jaringan dan Bioresin dengan alat-alat yang tersedia disana. Sedangkan di laboratorium  kami (red: UIN RF) belum punya alat pratikum yang canggih dan komplit,” paparnya.

Senada dengan itu, salah satu mahasiswi yang ikut andil dalam KKL, Destiana juga mengatakan banyak kegiatan praktikum yang telah mereka kerjakan,

“Seperti praktikum mengenai biologi molekuler, kultur jaringan dan kami juga melakukan pengamatan-pengamatan sel-sel yang kami temukan,” tuturnya.

Dalam seminar yang bertema “Peran Pendidik dan Pembelajaran Biologi yang Inovatif Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0” tersebut, Destiana berharap dirinya dan mahasiswa Pendidikan Biologi lainnya mampu menjadi pendidik yang berkualitas.

“Selain itu, setelah lulus nanti semoga kami mampu menyeimbangi persaingan peradaban yang telah masuk ranah revolusi industry 4.0,” tutupnya.

 

Reporter: Melati

Editor: Fitria

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah