Peserta - foto bersama saat selesai mengikuti ujian kenaikan tingkat Tapak Suci, Minggu (05/03/17). Dok. Ukhuwah

Peserta – foto bersama peserta dari beberapa daerah di Palembang saat selesai mengikuti ujian kenaikan tingkat Tapak Suci, Minggu (05/03/17). Dok. Ukhuwah

UIN – Ukhuwahnews.com | Bertujuan untuk menjalin tali silaturahmi antar sesama peserta Tapak Suci se kota Palembang, Unit Kegiatan Mahasiswa Khusus  (UKMK) Tapak Suci menggelar Ujian Kenaikan Tingkat dengan Universitas Islam Negeri  Raden Fatah (UIN RF) sebagai tuan rumah, pada 4 – 5 Maret 2017 di Lapangan Utama UIN RF.

Menurut Ketua Umum UKMK Tapak Suci UIN RF, Lingga Prayuda mengatakan bahwa ujian yang diikuti oleh 207 Peserta dari berbagai daerah se Kota Palembang ini, merupakan ujian yang diadakan 6 bulan sekali se-Kota Palembang, dan diselenggarakan di tempat yang berbeda setiap penyelenggaraannya.

“UIN RF untuk kali ini terpilih menjadi tuan rumah penyelenggara ujian kenaikan tingkat ini. Juga kegiatan ujian kenaikan tingkat ini diikuti oleh siswa dan mahasiswa se Kota Palembang yang ikut dalam kegiatan Tapak Suci, dengan begitu silaturahmi sesama anggota Tapak Suci se Kota Palembang dapat terjalin,” Jelas Lingga saat ditemui, Minggu (05/03/17).

Lingga juga menambahkan peserta yang ikut dalam ujian kenaikan tingkat Tapak Suci ini berasal dari siswa dan mahasiswa se-kota Palembang, seperti dari  Madrasah Aliyah (MAN)  1 Palembang , MAN 2 Palembang, UIN RF, Universitas Muhammadiyah Palembang, dan instansi lainnya.

Pengurus Pimpinan Daerah 024 cabang Palembang, Sihabun Mubin menuturkan dalam ujian kenaikan tingkat ini, materi yang diujikan ialah keilmuan mengenai Tapak Suci, fisik dan mental, serta ujian mengenai ilmu keislaman. Sihabun juga memaparkan bahwa apabila terdapat peserta yang tidak lulus pada beberapa tes disini, ia masih tetap dianggap lolos bersyarat.

“Dengan syarat, peserta tersebut akan tetap dipantau perkembangannya dan harus tetap ikut dalam pembinaan tahap selanjutnya,” tuturnya.

Ketua Pelaksana kegiatan, Malak Ridwan mengatakan tema dari kegiatan ini Membentuk Diri Menjadi Pemberani, target yang diusung dalam melaksanakan ujian kenaikan tingkat ini, untuk membentuk silahturahim antar cabang, dan untuk mempererat kekompakan antar sesama anggota Tapak Suci.

“Kita jalin silaturahim sesama pesilat Tapak Suci dalam kegiatan ujian kenaikan tingkat ini,” katanya.

Malak Ridwan berharap dengan kegiatan ini, peserta yang ikut serta didalamnya akan termotivasi, bahwa pesilat itu bukan hanya di didik untuk tanding saja, akan tetapi pesilat itu juga di didik bagaimana cara berkomunikasi, untuk menjadi pesilat yang tangguh dan bisa bersosialisasi dengan masyarakat sekitarnya.

Reporter : Fkr, Ppn, Mal

Editor : Mae

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah