Beberapa mahasiswa terlihat sedang melakukan pendaftaran lomba Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) dan Musabaqoh Syahril Qur’an (MSQ). Palembang, Rabu, (01/03/17). Ukhuwahnews/Uci

Beberapa mahasiswa terlihat sedang melakukan pendaftaran lomba Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) dan Musabaqoh Syahril Qur’an (MSQ). Palembang, Rabu, (01/03/17). Ukhuwahnews/Uci

Ukhuwahnews.com | Guna membentuk generasi  Quran’i Indonesia yang lebih baik. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang, membuka stand pendaftaran lomba Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) dan Musabaqoh Syahril Qur’an (MSQ), bagi seluruh Mahasiswa UIN RF Palembang. Rabu, (01/03/17).

Wakil Gubernur Dewan Ekskutif mahasiswa Fakultas (Demaf) Tarbiyah dan Keguruan, Imam Santoso mengatakan, perlombaan ini untuk mencari bibit terpendam dalam hal penghafalan al-Quran, agar nanti dapat dilombakan dan membawa nama UIN RF Palembang pada tingkat nasional.

“Harapannya kedepan peserta yang memenangkan lomba ini bisa membawa nama UIN di Tingkat Nasional. Karena di Aceh pada tahun 2017 akan mengadakan acara Pekan Ilmiah, Olahraga, Seni, dan Riset (Pionir). Bagi mahasiswa yang memenangkan lomba MTQ dan MSQ ini akan meraih juara satu akan dikirim ke Aceh,” ujarnya.

Menurut Imam, sebelum dikirim untuk mengikuti perlombaan Pionir di UIN Ar-Raniry Banda Aceh, mahasiswa akan mengikuti pelatihan di universitas terlebih dahulu.

“Adapun tanggapan dosen mengenai perlombaan MTQ dan MSQ ini sangat mendukung, karena utusan perlombaan ini dipilih dari rekomendasi fakultas masing-masing,” tambahnya.

Menanggapi hal tersebut, Mahasiswa Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek), Bagus mengatakan perlombaan seperti ini sebaiknya lebih dikembangkan lagi agar meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap Al-Qur’an.

“Perlombaan ini sangat bagus agar memperbanyak Mahasiswa penghafal Al-quran, serta memahami kandungan Al-quran dan lebih mencintai Al-quran,” ujarnya.

“Zaman sekarang ini walaupun kuliah di UIN RF Palembang masih banyak yang tidak bisa mengaji. Dengan diadakannya lomba ini agar orang bisa belajar mengaji. Seharusnya perlombaan ini juga harus di promosikan agar lebih luas seperti dibagikan brosur,” tambahnya.

Salah satu Mahasiswa Jurusan Biologi Fakultas Saintek, Tia mengatakan sebaiknya perlombaan tersebut lebih sering diadakan. Perlombaan ini juga bisa meningkatkan bakat seseorang di bidang MTQ dan MSQ, menyalurkan bakat, dan memotivasi.

“Perlombaan MTQ dan MSQ ini bisa diadakan dua kali dalam setahun dan dibuka untuk umum, bukan hanya di UIN RF Palembang saja, namun juga anak SMA di bidang MTQ harus ditingkatkan,” ujar Tia.

Adapun persyaratan untuk mengikuti lomba MTQ dan MSQ ini yaitu, Mahasiswa UIN RF aktif dan mempunyai Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), adapun bagi lomba MSQ minimal hapal juz 1-5 atau 10 juz. Perlombaan MTQ dan MSQ tingkat universitas ini akan diadakan di Ruang Seminar Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.

Reporter : Uci, Tdm

Editor : Rjb

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah