Gallery

UIN RF Lakukan Verifikasi UKT Agar Biaya Kuliah Jelas

 

Mahasiswa Baru Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN) Palembang, sedang diinterview terkait verifikasi Uang Kuliah Tunggal (UKT). Di Gedung Akademik Center UIN RF. Rabu, (29/06/16).

Mahasiswa Baru Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN) Palembang, sedang diinterview terkait verifikasi Uang Kuliah Tunggal (UKT). Di Gedung Akademik Center UIN RF. Rabu, (29/06/16).

 

UIN- Ukhuwahnews.com | Demi menjawab pertanyaan publik mengenai transparansi pengelolaan Uang Kuliah Tunggal (UKT) Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang, dilakukannya verifikasi UKT kepada mahasiswa baru yang telah lulus dari seluruh jalur masuk penerimaan mahasiswa baru. Verifikasi UKT ditujukan agar pembiayaan kuliah yang jelas dan mahasiswa tidak terbebani dan merasa adil dalam sistem UKT tersebut.

Hal tersebut diungkap Ketua Badan Administrasi Akademik Kemahasiswaan (BAAK), Mirwan Fasta saat ditemui sedang mengawasi jalannya verifikasi. Di Gedung Akademik Center UIN RF. Rabu, (29/06/16).

“Verifikasi UKT ini bertujuan untuk melihat kejelasan calon mahasiswa dalam konteks pembiayaannya, jangan sampai mahasiswa terbebani atau merasa tidak adil. Setelah dinyatakan lulus di UIN RF, mahasiswa beserta walinya melakukan verifikasi melalui interview kepada pihak yang telah kami tunjuk, serta mengumpulkan data-data seperti kartu keluarga (KK), KTP orang tua, slip gaji, rekening listrik dan air, dan sebagainya,” ungkapnya.

Mirwan juga mengatakan bahwa setiap mahasiswa dapat berbeda-beda dalam pembayaran UKT, hal tersebut karena UKT telah disesuaikan dengan keadaan dan kesanggupan orangtua mahasiswa. UKT yang ditentukan mulai dari gratis sampai 2,5 Juta Rupiah sesuai kesepakatan antara orang tua mahasiswa dan pihak UIN RF.

“Sistem verifikasi ini adalah terobosan baru bagi UIN RF untuk menghindari indikasi penyimpangan pembiayaan UKT. Serta dengan cara seperti ini, UIN RF berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat terutama masyarakat mahasiswa,” tambahnya.

Salah satu orang tua dari mahasiswa baru, Roaini berharap agar besarnya pembiayaan UKT untuk mahasiswa ini dapat sesuai dengan keadaan dan kondisi orangtua mahasiswa itu sendiri.

“Saat melakukan interview tadi, saya ditanya mengenai keluarga, pekerjaan dan lain sebagainya. Saya berharap besarnya UKT nantinya dapat seimbang berdasarkan dari pekerjaan atau kondisi keluarga kami, sehingga tidak terlalu terbebani untuk kami sebagai orangtua,” tuturnya.

 

Reporter : Mcr, Abw

1 Comment

1 Comment

  1. r. dewi

    31 Juli 2017 at 02:11

    maaf sebelumnya. anak saya sudah lulus dan sudah verifikasi data di iain radenfatah plg. tapi sampai sekarang belum setor uang ke bang krn ada masalah yg sulitlah . nah masih bisakah anak saya masuk kuliah dgn uang kuliah nyusul ,krn waktu itu masalahnya di keuangan skrg insha alllah teratasi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah