Kabar Sumsel

Tradisi Ziara Kubro jelang Ramadhan

Terlihat para penziara meramaikan makam Al-Habib Ahmad bin Syeikh Shahab yang terletak di Jalan Dr. M. Isa, 8 Ilir, Palembang, Jum’at (4/5/18). Ukhuwahfoto/Novi Yanti.

Palembang – Ukhuwahnews.com | Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, menjelang bulan suci Ramadhan, ratusan umat Muslim penjuru dunia melaksanakan Haul serta Ziara Kubro ke Makam Ulama dan Auliya di Jalan Dr. M. Isa, 8 Ilir, Palembang, Jum’at (4/5/18). Kegiatan ini digelar pada 10 hari terakhir bulan Sya’ban.

Salah satu Panitia Acara, Sukri menjelaskan, ziara di Palembang ini berbeda dengan Pulau Jawa, mulai dari perekonomian masyarakat sekitar, hingga penziarah yang hadir. “Kalo di Jawa itu cendrung berdesak-desakan, sedangkan di Palembang lebih santai dan rileks,” tuturnya di sela-sela wawancara.

Terkait jumlah pengunjng, Sukri menambahkan, di tahun ini penziara kubro lebih banyak dibanding tahun sebelumnya. Namun, hal ini membuat panitia harus tetap menjaga kekhidmatan bagi penziara yang berkunjung.

“Kami di sini harus tetap menjaga kekhidmatan spiritual, maupun keamaan serta kebersihan di tempat ziara,” ungkapnya.

Dari jumalah pengunjung yang meningkat, Sukri mengatakan akan tetap memperhatikan penziara yang datang ke makam, tujuannya agar tidak ada yang melakukan sesuatu di luar ajaran agama.

“Sebenernya ziara itu bagus sekali, tetapi kami sangat menghindari para penziarah yang datang untuk meminta. Kalau mau meminta sesuatu, ya dengan Allah bukan dengan makam,” pugkasnya.

 

Reporter : Novi Yanti

Editor : Alfiansyah

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah