Rektorat

Tindak Lanjut  Rusuh, Serahkan Pada Kepolisian

Kerusuhan yang terjadi pada apel sore hari kedua PBAK 2017, di lapangan sepak bola, UIN RF, Selasa (8/8/17). Ukhuwahnews/Alfiansyah.

UIN-Ukhuwahnews.com | Aksi kerusuhan yang terjadi saat apel sore hari kedua Perkenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2017 Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) lalu, membuat pihak rektorat melimpah permasalahan kepada kepolisian untuk ditindaklanjuti. Hal tersebut disampaikan Wakil Rektor III UIN RF, Rina Antasari, di Gedung Rektorat, Rabu (9/8/17).

“Kita pihak rektorat berusaha untuk menetralkan, jika memang sudah tidak bisa, terpaksa kita limpahkan kepada pihak berwajib,” ujarnya.

Rina juga membenarkan jika ada mahasiswa yang membawa senjata tajam, sehingga salah satu mahasiswa terkena tusukan dibagian punggung bawahnya. Mengenai hal itu, semuanya diserahkan kepada proses hukum.

“Setelah kepolisian mendapatkan hasilnya, kita akan menindaklanjuti mahasiswa yang bersangkutan,” kata Rina.

Menurutnya, tidak akan ada asap kalau tidak ada api. Dia maksudkan, jika permasalahan kerusuhan seperti itu pasti bermula dari mahasiswa itu sendiri. Oleh karena itu, mahasiswa harus sadar, jika saat ini dirinya adalah bagian dari mahasiswa perguruan tinggi Islam, dimana akhlak yang baik banyak dilihat orang lain.

Menurut salah satu anggota Dewan Ekskutif Mahasiswa (Dema) UIN RF, Nuril Anwar mengatakan permasalahan yang terjadi hanya karena urusan pribadi, yang oleh pihak tertentu dibesar-besarkan hingga menimbulkan kerusuhan dalam pelaksanaan PBAK.

“Semuanya sudah sama pihak berwajib, sampai ada yang merusak Dema, juga sedang diselidiki polisi,” katanya.

Kemudian, pada PBAK hari terakhir, Rabu (9/8/17), menurut Nuril pihak rektorat mengeluarkan kebijakan tidak adanya apel sore lagi, mengingat agar tidak terjadinya hal serupa. Bahkan kegiatan di dalam Gedung Akademik Center juga dipercepat, dan selesai setelah makan siang seluruh mahasiswa baru dipulangkan.

Reporter : Mae, Rjb

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah