Universiana

Tiga Kali Setahun, Wisuda 65 UIN RF Sedikit Lulusan

Seluruh sarjana baru ikuti acara Wisuda ke-65 Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang di Akademik Center, Sabtu (25/3/18). Ukhuwahfoto/M. Amin Qoblal Fajri.

UIN RF – Ukhuwahnews.com | Wisuda ke-65, Universitas Islam Negeri Radeh Fatah (UIN RF) Palembang hanya menamatkan 407 mahasiswa. Hal ini tentunya lebih sedikit dari tahun-tahun sebelumnya dengan jumlah ribuan sarjana yang diwisuda.

Hal itu disampaikan Rektor UIN RF, Prof.  Dr. Sirozi, MA., P.hD., dalam acara wisuda ke-65 dengan tema “Daya Saing Alumni di Era Disrpusi” di  Akademik Center, Sabtu (24/3/18).

Dalam sambutannya, Sirozi mengungkapakan,  jumlah wisudawan yang dilantik kali ini lebih sedikit, karena tahun ini merupakan kali pertama UIN RF mengadakan wisuda sebanyak 3 kali dalam setahun.

“Terhitung mulai dari tahun ini, UIN RF melaksanakan wisuda 1 tahun itu 3 kali wisuda,” jelas Sirozi.

Sementara Bagian Hubungan Masyarat (Humas) UIN RF, Dra. Elisma Harfani MM., mengatakan, jumlah wisudawan kali ini sebanyak 407 orang dari 8 fakultas.  “Dengan rincian; Fakultas Syariah dan Hukum 28 orang,  Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan 164 orang,  Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam 10 orang,” ungkpanya.

“Sedangkan Fakultas Adab dan Humaniora 32 orang,  Fakultas Dakwah dan Komunikasi 21 orang,  Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam 24 orang, Fakultas Sains dan Teknologi 51 orang,  Fakultas Psikologi sebanyak 36,” sambungnya.

Selain itu dari hasil rapat, Elisma menambahkan, mahasiswa yang belum lulus, namun sudah melewati batas waktu pendidikan yang telah ditetapkan pihak kampus, harus segera lulus.

“Mahasiswa lama sudah harus lulus, kalau tidak, bakalan bisa overload. Sistem yang digunakan sama, tidak ada yang dipermudah ataupun dipersulit antara mahasiswa lama dan mahasiswa yang tidak terlalu lama,” pungkasnya.

Salah satu wisudawati Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah (PGMI), Yuni Andini mengungkapkan semakin banyaknya jumlah wisudawan, maka semakin kecil peluang kerja.

“Persaingan mencari kerja tidak terlalu sempit, karena jika wisuda sekaligus semakin sempit peluang untuk mendapatkan pekerjaan,” ujarnya.

 

Reporter : Feronika

Editor : Alfiansyah

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah