Rektorat

Terus Memajukan Organisasi Meski Telah Meraih Predikat UKMK Terbaik

Foto bersama Rektor, Wakil Rektor III UIN RF Palembang, beberapa Pembina Unit Kegiatan Mahasiswa Khusus (UKMK) serta perwakilan UKMK terbaik, di Akademik Center UIN RF Palembang, Senin (5/3/18). Ukhuwahfoto/M.Amin Qoblal

UIN RF-Ukhuwahnews.com | Pihak Rektorat Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang mengumumkan enam Organisasi Mahasiswa Intra Kampus (OMIK) terbaik berdasarkan hasil monitoring pada tanggal 30-31 Januari 2018 lalu, pada saat pelantikan bersama di Academic Center (AC), Senin (5/3/18).

Dosen Pembina Unit Kegiatan Mahasiswa Khusus Resimen Mahasiswa dan Tapak Suci Dr. Muhammad Mawangir, M.Ag mengatakan, dari segi award yang diberikan pada UKMK terbaik, maka akan ada punishment juga.

“Penilaian terhadap semua organisasi harus independen karena tiap UKMK bergerak dibidang masing- masing. Masalah punishment terhadap UKMK, tergantung sejauh mana persentase kepasifan anggota yang harus dilihat dari berbagai sisi terutama di kinerja,” ujarnya.

Mawangir juga berharap untuk kedepannya bahwa  semua UKMK mampu menjadi syiar dan tauladan bagi umat dalam bidang masing-masing.

Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Ukhuwah menjadi salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa Kampus yang meraih predikat harapan ketiga terbaik dari 20 UKMK yang ada.

Pemimpin Umum LPM Ukhuwah periode 2018 Nopri Ismi mengatakan, dalam meraih predikat tersebut, sebelumnya sudah melakukan banyak program kerja yang  dijalankan.

“Dari LPM Ukhuwah sendiri sudah banyak kinerja yang tercapai, seperti Open Recruitment dan Diklatsarjur (Pendidikan dan Pelatihan Dasar Jurnalistik), lalu meraih Silver Winner cover majalah terbaik LPM Se-Indonesia di ISPRIMA kategori Pers Mahasiswa Sumatera, hal itu sedikit menjadi perhatian pihak kampus” ujarnya.

Nopri Ismi mengatakan bahwa akan memfokuskan pada konsistensi dibidang penerbitan produk. “Tahun ini kami melakukan penambahan cover pada buletin tinta, memberikan controlling pada anggota LPM Ukhuwah lainnya dan terus menjaga solidaritas serta menghilangkan sekat antara senior dan junior.

Nopri juga mengatakan, adanya apresiasi bagi UKMK terbaik tersebut dapat menciptakan daya saing yang baik. Meningkatkan motivasi untuk membenahi UKMK menjadi lebih baik dan juga adanya reward dari pihak Rektorat bagi para peraih.

Tidak hanya LPM Ukhuwah, peraih UKMK terbaik pertama diraih oleh Koperasi Mahasiwa (Kopma). Ketua Umum Kopma Muhammad Afdholi Ramdani merasa senang dan bahagia.

“Predikat terbaik tersebut merupakan pekerjaan rumah terberat dalam kinerja tahun 2018 agar dapat dipertahankan. Pencapaian UKMK terbaik tersebut tidak terlepas dari kinerja kepengurusan tahun 2017,” ujarnya.

Menurut Afdholi, Kopma memiliki jargon solid, dengan makna menyatu,  “Apabila kami menyatu maka pekerjaan itu terasa mudah. Professional, antara kuliah dan organisasi sejalan dengan ketuntasan. Religius yaitu mampu menganalisa, memahami kondisi, memanfaatkan waktu dalam mengemban amanah, tegas dan cepat” ujarnya.

Afdholi berharap Kopma tetap mampu menjaga solidaritas, handal, bermental kuat dalam mengemban amanah sebagai pembelajaran diri, dan Kopma berkembang sampai kemanapun.

Adapun UKMK yang meraih predikat terbaik pertama yaitu Kopma, kedua Pramuka, ketiga Hockey, Harapan 1 Lembaga Dakwah Kampus Raden Fatah (LDK Refah), Harapan 2 LPTQ-D, dan terakhir LPM Ukhuwah.

Reporter: Nur Khotimah, Melati Ariska

Editor: Muhammad Rajab

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah