Kabar Sumsel

Terkait Pemilu 2018, Cagub dan Cawagub Perlu Serukan Three End

Pemaparan materi dalam diskusi bertema “Sejauh Mana Memperhatikan Masalah Perempuan Khususnya Terkait Hak Kesehatan Perempuan dan Penghapusan Deskriminasi Perempuan”, di Hotel Swarna Dwipa, Kamis (22/3/18). Ukhuwahfoto/Pipin 

UIN RF – Ukhuwahnews.com | Terkait pemilihan umum (Pemilu)  2018, Calon Gubernur dan Wakil Gubernur (Cagub dan Cawagub) perlu menyerukan Three End untuk mengakhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak, mengakhiri perdagangan manusia dan kesenjangan ekonomi bagi kaum perempuan di dunia.

Hal tersebut disampaiakan aktivis perempuan, Kelly Mariana saat menjadi pemateri dalam diskusi bertema “Sejauh Mana Memperhatikan Masalah Perempuan Khususnya Terkait Hak Kesehatan Perempuan dan Penghapusan Deskriminasi Perempuan”, di Hotel Swarna Dwipa, Kamis (22/3/18).

Kelly mengatakan bahwa saat ini Indonesia sudah menjalankan pemilu inklusif yaitu semua kelompok masyarakat terlibat di dalamnya. Pemilu melihat latar belakang kehidupan seseorang. “Seperti berbagai macam ras, suku, difabel, lokalisasi, pengungsi, kaum marginal, kaum wanita dan lain sebagainya, tidak ada perbedaan,” ungakpanya.

Sementara menurut Wartawan Republika, Maspril Aries dari sudut pandang politik, pemilih yang terdaftar untuk pilkada nanti didominasi oleh perempuan, dengan jumlah golongan putih (golput) lebih banyak dari laki-laki.

“Jumlah pemilih pada pemilihan kepala daerah (pilkada) 2018 tercatat sejumlah 5.820.453 jiwa, dengan jumlah pemilih wanita lebih banyak dari pada laki-laki,” jelasnya.

“Perempuan akan memilih atau menyukai pemimpin yang memperhatikan tentang permasalahannya,” lanjutnya Maspril.

Selain itu, Ketua Pusat Studi dan Gender Universitas Sriwijaya, Wahyu Erna Ningsih menanggapi, mengenai pembangunan yang berkelanjutan ialah berwawasan gender. ”Memberikan akses, partisipasi, manfaat dan kontrol kepada semua kelompok masyarakat,” tungkasnya.

 

Reporter : Fitria, Pipin, Rohani

Editor : Alfiansyah

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah