Event

Tere Liye : Konsisten dan Terus Latihan Menulis

Talkshow Nasional bersama Darwis Tere Liye yang diadakan oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Ukhuwah di Gedung Academic Centre (AC), Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang, Senin (23/10/2017).

UIN – Ukhuwahnews.com | Harus mempunyai konsistensi dalam menulis. Begitulah kata Penulis Novel Bestseller, Darwis Tere Liye saat Talkshow Nasional yang diadakan oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Ukhuwah di Gedung Academic Centre (AC), Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang, Senin (23/10/2017).

Tere Liye mengatakan, “Saat mengirimkan hasil tulisan kita ke sebuah media, lalu media menolak tulisan kita. Tidak berarti kita berhenti dalam menulis.”

Penulis yang saat difoto tidak pernah ingin melihat kamera ini, juga menjelaskan bagaimana cara membuat dan membentuk karakter, cara memulai menulis, bagaimana menjadikan sebuah cerita menarik dan lainnya. Ia mengatakan bahwa kunci dari semuanya adalah latihan.

“Latihan adalah kunci utama untuk mahir menulis. Menulislah minimal 1000 kata dalam sehari, selama 180 hari. Dan di hari ke 181 kalian akan tertawa melihat hasil tulisan kalian. Saat itulah kita mengevaluasi tulisan kita,” katanya.

Sebelum talkshow berakhir Tere Liye sangat menekankan bahwa latihan adalah hal yang paling penting untuk menjadi penulis yang mahir.

“Orang yang tulisannya itu bagus, seperti Habiburrahman dan lainnya, mereka itu sudah menulis selama puluhan tahun. jadi selama itu juga mereka latihan,” katanya.

Usai acara Panitia Pelaksana, Sobarudin mengatakan bahwa Talkshow Nasional merupakan bagian dari acara Pendidikan dan Pelatihan Dasar Jurnalistik (Diklatsarjur) ke 19 yang diadakan LPM Ukhuwah selama satu minggu kedepan.

Talkshow Nasional ini untuk memotivasi orang-orang khususnya mahasiswa di Kota Palembang agar terus menulis di era teknologi sekarang,” katanya.

Reporter : Lia.

Editor : Wfi.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah