Raden Fatah Cyber Moslem - Tiga mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang yang mewakili Sumatera khususnya kota Palembang dalam Lomba Hacker Cyber Jawara di Bali Selasa, (27/09/2016). Doc. Pribadi

Raden Fatah Cyber Moslem – Tiga mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang yang mewakili Sumatera khususnya kota Palembang dalam Lomba Hacker Cyber Jawara di Bali Selasa, (27/09/2016). Doc. Pribadi

 

UIN-Ukhuwahnews.com | Tiga mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang Jurusan Sistem Informasi (SI) yang tergabung dalam Team Raden Fatah Cyber Moslem (Team RFCM), berhasil lolos seleksi dan berhak maju ke babak final dalam Lomba Hacker Cyber Jawara oleh Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo). Team Raden Fatah Cyber Moslem dan 14 Tim lainnya berhasil lolos diantara 152 tim yang ikut serta dari seluruh provinsi di Indonesia. Bertempat di Bali pada Selasa (27/9/2016).

Ajang Lomba Hacker Cyber Jawara ini merupakan perlombaan hacker nasional se-Indonesia yang terbagi dalam lima zona. Dengan rincian, zona satu yaitu sumatera dan kalimantan ada 33 Team, zona dua Banten, Jawa Barat dan DKI Jakarta ada 60 Team, zona tiga Jawa Tengah dan Yogyakarta ada 25 Team, zona empat Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat ada 27 Team dan zona lima Sulawesi, Maluku dan Papua ada 7 Team.

Ruliansyah M.Kom Kepala Jurusan (kajur) Program Studi (Prodi) SI mengatakan bahwa Prodi SI akan mendukung penuh setiap mahasiswa yang ikut dalam perlomba apapun. Baik itu lomba mengenai teknologi, olahraga, dan lain sebagainya.

“Katergori apapun perlombaannya, yang terpenting mahasiswa SI ikut berpartisipasi dan membuahkan hasil.Ya, supaya bisa membantu jurusan kita untuk meningkatkan akreditasi jurusan menjadi lebih baik lagi,” katanya.

Dukungan tersebut juga ditujukan untuk ketiga mahasiswa RFCM yang berpartisipasi pada Lomba Hacker Cyber Jawara. “Untuk ketiga mahasiswa SI yang ikut lomba Hacker Cyber Jawara di Bali, pihak Prodi SI memberikan bantuan berupa dana untuk uang saku mereka pada saat berada di Bali,” jelasnya.

Fandy Kurniawan mahasiswa RFCM yang ikut dalam lomba Hacker mewakili Sumsel menyampaikan rasa bahagianya. “Alhamdulillah team kami Raden Fatah Cyber Moslem yang terdiri dari saya, Tri Akhyari Romadhon, dan Edo Agus Setiawan dari UIN RF Palembang bisa lolos tahap seleksi online pada 24-25 Agustus 2016 di Lomba Hacker Cyber Jawara. Dan akhirnya bisa mewakili zona satu yaitu Sumatera dan Kalimantan yang termasuk dalam tahap kompetisi finalnya yang terdiri dari 15 tim yang diselenggarakan di Bali pada 27 September 2016,” ceritanya.

Fandy juga menambahkan, tahun sebelumnya mahasiswa UIN RF juga pernah mengikuti ajang lomba ini. Tetapi tidak sampai tahap final.

“Mudah-mudahan dengan kami ikut lomba ini bisa memotivasi teman-teman mahasiswa yang lain. Serta kami harap setelah  ikut lomba tingkat nasional ini bisa membantu jurusan untuk mendapatkan penilaian akreditasi untuk menjadi lebih baik lagi,” harapnya.

Melihat dan mendengar kabar perwakilan dari UIN RF yang tergabung dalam anggota RFCM masuk final Lomba Hacker Jawara 2016, Pipin Elis Marsela mahasiswa SI semester tiga UIN RF antusias untuk belajar dengan mendalami lagi program di SI.

“Mereka yang ikut dalam lomba hacker tingkat nasional ini pastilah sudah ahli dalam bidangnya, dan saya pun merasa termotivasi untuk belajar lebih baik lagi. Kita jangan menilai mereka dari segi menang atau kalahnya, tapi lihatlah perjuangan mereka yang bisa masuk dalam 15 besar team yang ikut berlomba dalam lomba Hacker tingkat nasional,” tukas Pipin.

 

Reporter : Fkr

Editor : Von

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah