Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Tak Hanya Berbagi, Prodi Pendidikan Kimia Berikan Edukasi Tentang Zat Aditif

Suasana saat Program Studi (Prodi) Pendidikan Kimia Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat dan Bakti Sosial di Panti Asuhan Nur Asiyah Palembang (25/5/2018). Foto/Humas

Suasana saat Program Studi (Prodi) Pendidikan Kimia Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat dan Bakti Sosial di Panti Asuhan Nur Asiyah Palembang (25/5/2018). Foto/Humas

Memanfaatkan Bulan Suci Ramadhan 1439 H, Program Studi (Prodi) Pendidikan Kimia Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang  mengadakan kegiatan  Bakti Sosial sekaligus penyuluhan mengenai Zat Kimia Aditif di Panti Asuhan Nur Asiyah Palembang (25/5/2018).

Salah satu dosen Prodi Pendidikan Kimia mengatakan Zat aditif adalah zat-zat yang ditambahkan pada makanan selama proses produksi, pengemasan atau penyimpanan untuk maksud tertentu. Zat aditif terdiri dari pengawet, penyedap rasa, pemanis, pewarna, pengemulsi, dan antioksidan.

“Pengetahuan mengenai zat aditif penting untuk diketahui bagi anak-anak agar mereka mengetahui dampak positif dan negatif dari zat aditif. Dengan mengetahui berbagai dampak negatif dari zat aditif diharapkan anak-anak lebih berhati-hati dan waspada terhadap makanan,”ujarnya.

Selain itu, sebelum melakukan buka bersama Ketua Prodi Pendidikan Kimia juga memberikan bimbingan rohani Ramadhan dengan tema “Pentingnya Menjaga Hati Dalam Bulan Suci Ramadhan”.

Beliau menyampaikan bahwa bulan Ramadhan bukan hanya sekedar tentang menahan rasa lapar dan haus, namun juga tentang menjaga hati dan pikiran.

“Sebagaimana disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW, kita dianjurkan untuk menjaga hati dan pikiran dan menjauhi berbagai perkataan kotor dan tindakan buruk saat sedang berpuasa,”lanjutnya.

Dalam kunjungan ke Panti Asuhan Nur Asiyah Prodi Pendidikan Kimia UIN RF Palembang juga memberikan donasi berupa uang dan sembako. Tim dari Prodi Kimia mengharapkan, melalui santunan ini diharapakan dapat memberi manfaat untuk keperluan anak panti asuhan serta terus menjallin tali silahaturhami antar sesama.

Reporter : Nopri Ismi

Editor : Alfiansyah

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah