Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Tabligh Akbar Peringatan Isra’ Mi’raj dan Hut Prodi PBA

Suasana Tabligh Akbar dan memperingati Isra’ Mi’raj serta Hari Ulang Tahun (HUT) Prodi PBA ke-31 di Akademik Center (AC), Rabu (26/04/2017).Ukhuwahnews/Uci.

UIN-Ukhuwahnews.com | Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang mengadakan Tabligh Akbar guna memperingati Isra’ Mi’raj serta Hari Ulang Tahun (HUT) Prodi PBA ke-31. Dengan mengusung tema Isra’ Mi’raj Sebagai Momen Ukhuwah Islamiyyah Dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), bertempat di Akademik Center (AC), Rabu (26/04/2017).

Ketua pelaksana kegiatan, Muhammad Ilyas Mahasiswa Prodi PBA Semester 4 mengatakan bahwa diangkatnya tema tersebut karena mengingat Indonesia saat ini dalam keadaan darurat, banyak orang-orang mengatasnamakan cinta Bhineka Tunggal Ika tetapi sebenarnya mereka hanya menghancurkan  ajaran agama islam.

“Alasan mengusung tema tersebut ialah sebagai upaya untuk menyadarkan orang-orang bahwa ajaran agama islam tidak bisa dilepaskan dari pemerintahan, maka kita harus meyakinkannya dengan mengambil kaidah dari al-quran, yaitu mengingatkan orang agar bermanfaat untuk orang mukmin lainnya. Selain itu juga, Pemerintahan NKRI juga harus berlandaskan ajaran agama islam dan tidak boleh menyimpang dari ajaran agama islam,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, pemerintahan dan ajaran agama islam itu harus menjadi suatu kesatuan, bukan dibedakan karena satu sama lain saling berkaitan. Contohnya, pemahaman orang mengenaiPerekonomian yang berlandaskan ajaran agama islam, maka munculahbank Sumsel Syariah, Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah, dan Mandiri Syariah.

Senada dengan Ilyas, Habib Mahdi Muhammad Syahab salah satu pemateri dalam acara kuliah umum menegaskan, pemerintahan tidak bisa terlepaskan dari ajaran agama islam. Misalnya pada saat ini Kementrian Agama tugasnya mengatur ibadah haji, wakaf, zakat, dan munaqahad.

Acara Isra’ Mi’raj sekaligus memperingati HUT Prodi PBA ke-31ini di ikuti oleh 400 peserta, dari berbagai jurusan yang ada di UIN RF Palembang. Serta  turut dimeriahkan oleh Nasyid Rising Star diantaranya Blue, Hijrah, dan Furqon.

Reporter : Uci, Tdm, Rdp

Editor : Itn

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah