Artikel

Surga Tektonik ada di Pulau Sumatera

terlihat kapal yang melintas di danau ranau beberapa waktu lalu Foto : kodir

terlihat kapal yang melintas di danau ranau beberapa waktu lalu
Foto : kodir

Kali ini tentang cerita perjalalan  Di Pulau Sumatera.  Sebelum ke Danau Ranau Saya sempat berkunjung di Danau Terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara  yaitu Danau Toba yang terletak di Sumatera Utara, Perjalanan ini  karena misi kemanusiaan yaitu menyalurkan bantuan untuk Korban  Bencana Alam erupsi Gunung Sinabung yang terletak di Kabanjahe Kabupaten Karo.

Dilaanjutkan perjalanan Danau Ranau adalah danau terbesar ke dua di Sumatera. Danau ini terletak di perbatasan Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Provinsi Sumatera Selatan. Danau ini tercipta dari gempa besar dan letusan vulkanik dari gunung berapi yang membuat cekungan besar. Terletak pada posisi koordinat  4°51′45″LS,103°55′50″BT.

Secara geografis topografi danau Ranau adalah perbukitan yang berlembah hal ini praktis menjadikan danau Ranau memiliki cuaca yang sejuk. Danau terkenal sering para nelayan untuk mencari ikan seperti mujair, kepor, kepiat, dan harongan.

Beberapa gangguan ekosistem yang terjadi di Danau Ranau, salah satunya matinya ikan yang disebabkan pelepasan belerang H2S ke dalam air. Hal tersebut terjadi pada tahun 1962, 1993, 1998, dan pada tanggal 04 April 2011.

Ada tiga tempat tujuan utama bagi para pengunjung Danau Ranau, yaitu Wisma PT Pusri (Sumatera Selatan), Pantai Sinangkalan (Sumatera Selatan) dan Wisata Lombok ( Lampung).

Perjalanan menuju kabupaten OKU selatan dari Palembang menggunakan mobil memakan waktu normal 6-8 jam dikarenakan sempitnya jalan di daerah muara dua dan banyak jalan yang longsor menyebabakan perjalanan yang cukup lama.

Ketika memasuki daerah Muara Dua kita akan disuguhi pemandangan tebing, sungai dan jalan yang berkelok-kelok membuat kita semakin terpesona dengan panorama alam. Tepat di persimpangan namanya Simpang Tugu Sender kita akan memilih destinasi yang akan kita kunjungi, sebalah kiri menuju ke Danau Ranau dan wisata Lombok di Kab. Lampung Barat dan sebelah kanan kita akan menuju Danau Ranau Kab. OKU Selatan. Terganatung kita mau meimlih yang mana tapi itu bukan soal karena untuk mendapat kepuasan kita akan melaakukan penyusuran danau menggunakan kapal nelayan setempat.

Penginapan

Di Danau Ranau, kita menginap di penginapan milik PT Pusri, kisaran harga penginapan dalam bentuk villa-villa. Kalau mau dapat yang dekat dengan danau harus pesan jauh-jauh hari  karena terbatas:

  • Low season: 100.00-150.000
  • High season: 500.000-700.000

Villa boleh diisi rame-rame, Selain penginapan PT Pusri, ada juga beberapa kompleks penginapan lain yang bisa Anda pilih.

Transportasi Kapal

Dengan menyewa kapal nelayan bisa berkapsitas 20-25 orang dengan tarif perhari Rp.700.000 – RP.1.000.000 untuk mengelilingi danau ranau, memang terlalu mahal untuk /orang namun disarankan lebih baik secara kelompok karena belum ada penyewaan transportasi resmi dari pemerintah untuk mengelola wisata alam ini secara resmi.

Perjalanan Kita mulai mengelilingi danau ranau diawali adari start Kab.Lampung Barat setelah setengah jam Kurang lebih Tepat di tengah danau terdapat pulau yang bernama Pulau Marisa.

Pulau di Tengah Danau

Kalau Danau Toba punya Pulau Samosir, Danau Ranau punya Pulau Marisa. Di sini ada pemandian air panas dengan campuran belerang. Memang sedikit bau, tapi lama-lama di sana hidung kita bakal terbiasa. Cocok buat penderita penyakit kulit, yang mau punya kulit wajah mulus, gak perlu repot-repot pakai sabun sulfur, rajin-rajin berendam ketika berkunjung kesini.

Pulau Marisa adalah tujuan para pelancong karena tempatnya di tengah-tengah danau tempat ini sering digunakan untuk para wisatawan lokal dan domestik untuk sekedar santai dan bersantap siang di pulau ini. Di sana terdapat sumber air panas yang sering digunakan para penduduk setempat ataupun para wisatawan yang datang ke pulau tersebut, terdapat air terjun dan perkampungan rumah lama atau rumah adat yang masih menjunjung tinggi budaya setempat namanya desa Hani Arong.

Selain Kepulau Marisa kita bisa melakukan aktivitas renang, seperti mandi di air panas yang bersal dari belerang gunung seminung kita bisa berenang di seputaran pinggiran danau.

Air Terjun dan Sawah

Terdapat Air terjun disini dikenal dengan nama Air Terjun Putri Gunung karena letaknya di dekat gunung, selain itu terdapat bentang sawah yang memukau untuk sekedar dijadikan objek foto.

Ari Bastian mengatakan bahwa masih banyak potensi wisata alam yang alami belum dikelola oleh pemerintah masyrakat setempat berharap pemerintah mengelolah dan mempromosikan Danau Ranau agar dikenal dan dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

“kita berharap pemerintah mengelola wisata alamyang masih alami ini dan peduli dengan pariwista Sumatera Selatan agar wisata ini dikenal di Indonesia” Harapnya

MSA

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah