Editorial

Sosialisasi Edukasi untuk Paham Investasi

Palembang | IAIN | Ukhuwahnews, Sosialisasi edukasi untuk memahami investasi dalam dunia entrepreneur berlangsung di gedung Akademik Center Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Fatah Palembang, Fakultas Ekonomi Bisnis Islam dan Fakultas Syariah menjalin kerjasama dengan Bursa Efek Indonesia (BEI), Dewan Syariah Nasional (DSN-MUI), dan Mandiri Sekuritas untuk mengadakan Sekolah Dasar Modal Syariah. Rabu (12/3).

Melihat dunia entrepreneur yang makin meningkat dalam bentuk investasi menjadi alasan utama pihak terkait mengadakan kegiatan ini. Diungkapkan oleh Dodi Prasetio divisi edukasi BEI.

Dodi mengatakan, sektor pasar modal sudah ada perkembangan. Tinggal aksesnya saja untuk meningkatkan sektor ini. Itulah mengapa kami dari BEI menganggap kegiatan Sekolah Dasar Pasar Modal Syariah ini memang perlu dilakukan untuk mahasiswa calon entrepreneurship masa mendatang.

“Sekolah dasar pasar modal syariah ini, utamanya dilakukan dalam bentuk sosialisasi edukasi untuk memahami investasi yang baik,” ujar dodi menambahkan.

Kata dia, bagusnya Perguruan Tinggi itu perlu adanya “Pojok Bursa” supaya mahasiswa yang memiliki jiwa entrepreneur dapat menyalurkan dirinya dalam bentuk investasi yang baik.

Menyambut perihal itu, Maftukhatusolikhah panitia kegiatan mengatakan bahwa sebenarnya fakultas Syariah sendiri sudah merencanakan hal itu dari dua tahun lalu. Namun kendala kurang lokal, media komunikasi online yang belum ada, dan hal-hal teknis yang lain menjadikan belum teraplikasikannya pojok bursa kampus hingga sekarang.

Menurut dia, orgensi pengadaan sekolah dasar pasar modal ini karena mempersiapkan generasi yang dapat nantinya mengelola “pojok bursa” dan dapat memahami implementasi syariah, pasar keuangan, serta pasar modal dengan baik sebelum terjun langsung kedunianya.

Harapan kedepannya agar dapat menjalin kerja sama dengan perusahaan dan pihak-pihak kompeten dalam industri investasi untuk melanjutkan tingkatan sekolah dasar pasar modal ini serta menargetkan mengadakan sekolah ini untuk dosen di Sumatera Selatan agar tidak  sekadar teoritis dalam mengajarkan bidang investasi dikelas, namun juga dalam keadaan lapangan tentang investasi tersebut.

Kata dia, tujuan diadakannya sekolah ini untuk mahasiswa agar mereka dapat terbuka wawasan dalam investasi secara langsung yang tidak mereka dapatkan ketika diajarkan didalam lokal kelas pembelajaran kampus.

Setelah mengikuti sekolah ini, Indah, Kiki, Like selaku peserta mengatakan bahwa wawasan mereka tentang investasi semakin terbuka dan semakin tahu tentang apa itu saham, pasar modal, pasar keuangan, dan lain sebagainya dalam bidang investasi ini. Mereka juga secara kompak mengatakan bahwa yang akan mereka lakukan setelah ini, tak ragu untuk melakukan investasi dalam bentuk penanaman saham. Meski saham bidang apa belum mereka putuskan untuk saat ini sebab masih ingin mencari tahu bagaimana investasi yang baik sesuai dengan diri masing-masing.

(*) Ellyvon, devi, desi

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah