Gallery

SLIMS UNTUK TINGKATKAN MUTU PERPUSTAKAN

Foto : Lusi Peserta workshop sedang  belajar mengoperasikan SLIMS (Senayan Library Management System). Selasa (10/11/2015).

Foto : Lusi
Peserta workshop sedang belajar mengoperasikan SLIMS (Senayan Library Management System). Selasa (10/11/2015).

UIN-Ukhuwahnews.com | Untuk meningkatkan mutu pelayanan, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang gelar workshop tentang pengembangan teknologi informasi perpustakaan sekaligus launching SLIMS (Senayan Library Management System) dan E-Learning, di Lantai tiga Gedung Rektorat. Selasa (10/11/15).

Kepala UPT Perpustakaan UIN RF, Nurmalina menjelaskan tujuan menggunakan SLIMS ialah memudahkan pengunjung dalam mencari informasi dan buku yang ada di perpustakaan untuk mutu pelayanan yang lebih baik.

“Dengan adanya sistem otomasi perpustakaan, SLIMS bisa melingkup seluruh katalog-katalog yang ada di seluruh fakultas di UIN dan untuk saat ini koleksi UPT Perpustakaan sudah bisa diakses secara online di internet dengan alamat http://slims.radenfatah.ac.id/,” ujarnya.

M. Sirozi mengapresiasi kegiatan tersebut. Sebab, menurutnya sistem pendidikan yang berkualitas harus didukung oleh Informasi Teknologi (IT) yang berkualitas seperti SLIMS dan E-Learning.

“Banyak keuntungan dan kemudahan yang didapat dengan adanya SLIMS ini, begitu juga dengan e-learning sangat menunjang proses pembelajaran tanpa dibatasi jarak dan waktu,” ujar Wakil Rektor tiga UIN RF itu saat menyampaikan sambutan pembukaan.

Lanjut Sirozi, SLIMS juga bisa mengurangi kekesalan mahasiswa atau pengunjung perpustakaaan saat mencari buku di perpustakaan.

Berkaitan dengan yang disampaikan Sirozi, Hendro Wicaksono selaku pemateri workshop juga mengungkapkan banyak sekali kelebihan SLIMS. Diantaranya SLIMS berlisensi GPL V3 yang mempunyai hak cipta dan hak lain diberikan kepada publik.

“Sudah banyak perpustakaan di Indonesia bahkan di luar negeri menggunakan SLIMS ini, disamping banyak kemudahan SLIMS juga bisa di modifikasi oleh siapapun tanpa berbayar,” ujar Hendro.

Sirozi menghimbau agar perpustakaan yang ada di seluruh fakultas UIN RF menggunakan SLIMS dan berharap perpustakaan UIN RF terus menaikkan grade dengan sistem-sistem baru seperti SLIMS tersebut.

*Lhl
*Ed. Von

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah