Rektorat

Sirozi : Mahasiswa Gunakan Narkoba, Langsung Proses

Foto bersama- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, H. Imam Nahrawi, MKP berfoto bersama Rektor UIN RF, Prof, Drs. M. Sirozi, P.hD, jajaran wakil rektor, serta tamu undangan saat pemberian cinderamata dalam acara Kuliah Umum di Gedung Akademik Center, Kamis (15/06/17). ukhuwahnews/Nopri Ismi.

 

UIN- Ukhuwahnews.com | “Kalau ketemu mahasiswa yang menggunakan narkoba, langsung kita proses,” demikian ujar Rektor Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF),  Prof, Drs. M. Sirozi, P.hD, dalam acara Kuliah Umum bersama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, H. Imam Nahrawi, MKP berlangsung di Gedung Akademik Center, Kamis (15/06/17).

Dia mengatakan narkoba sangat berbahaya dan mengancam generasi muda. Maka dari itu, UIN RF selama tiga tahun terakhir, sudah gencar melakukan tes urine kepada mahasiswa baru. Hal tersebut agar dapat mencegah penyebaran narkoba di lingkungan kampus.

“Tidak ada maaf bagi mahasiswa yang main-main dengan narkoba,” kata Sirozi.

Dalam keseharian pun, UIN RF terus melakukan pemantauan terhadap pencegahan narkoba ini, dengan melibatkan Dewan Ekskutif Mahasiswa (Dema), Badan Narkotika Nasional (BNN), bahkan aparat kepolisian.

Sebagai bentuk kongkrit terhadap langkah pencegahan narkoba di lingkungan UIN RF, maka dalam kuliah umum ini juga digelar deklarasi Gerakan Mahasiswa Anti Narkoba (GMAN), dengan resmi dibacakannya surat deklarasi oleh seluruh peserta kuliah umum.

Ketua Umum Dema UIN RF, Agus Suherman Tanjung mengatakan bahwa setiap orang harus berperan aktif dalam memerangi narkoba. Jika ada oknum yang terbukti menjadi pengguna dan pengedar narkoba segera dapat direhabilitasi. Agar hal serupa tidak terulang kembali, yang dapat mencoreng nama baik UIN RF, maka dibentuklah GMAN tersebut.

“Langkah kedepannya, GMAN akan terus melakukan sosialisasi mengenai bahaya dan kampanye memerangi narkoba, sebagai bentuk komitmen untuk mencegah mahasiswa dari narkoba,” tegas Agus.

Terkait selama tiga tahun terakhir UIN RF berkelanjutan melakukan tes urine, walaupun tidak semua mahasiswa yang melakukan tes tersebut, akibat administrasi yang belum rapi. Kedepannya GMAN akan mendesak dan mengawal agar pihak kampus dapat memperbaiki sistem tes urine tersebut.

Hal senada dikatakan, Menteri Pemuda dan Olahraga Dema UIN RF, Nuril Anwar sekaligus koordinator GMAN, langkah selanjutnya GMAN akan melakukan rekutmen kader anti narkoba dari seluruh fakultas di UIN RF.

“Kemudian program kerja, Alhamdulillah sudah tinggal optimalisasi serta dukungan dari pihak rektorat,” ujarnya.

 

Reporter : Mae

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah