Event

Setiap Berita Harus Memiliki Nilai

Kontributor Tempo Sumatera Selatan, Ahmad Supardi memberikan materi Jurnalisme Tulis pada Pendidikan dan Pelatihan Dasar Jurnalistik (Diklatsarjur), yang diselenggarakan oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Ukhuwah di Gedung Student Centre (SC) Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang, Rabu (25/10/2017).

UIN – Ukhuwahnews.com | Setiap berita harus memiliki nilai, tulisan seorang wartawan dilihat dari bacaannya, demikian ujar kontributor Tempo Palembang, Ahmad Supardi dalam Pendidikan dan Pelatihan Dasar Jurnalistik (Diklatsarjur) ke 19 Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Ukhuwah, di Gedung Student Centre (SC) Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang, Selasa (24/10/17).

“Yakinlah, jika bacaan kita baik maka apa yang kita tulis pun akan baik,” katanya.

Menurut Supardi, untuk mendapatkan nilai berita, maka wartawan tidak boleh subjektif, rasis dan hingga menyinggung unsur politik. Namun, yang terjadi saat ini dapat dilihat pemberitaan di media online misalnya, kebanyakan tidak lagi dalam kaidah kode etik jurnalistik.

“Ini yang menjadi permasalahan. Menulis berita bukan tentang cepatnya saja, tapi tepat, aktual, dan berimbang,” tambah Supardi.

Menurut salah seorang peserta Diklatsarjur, Samara Dinda mengatakan materi penulisan berita hari ini sangat bermanfaat. Penyampaian pemateri memberikan kami banyak motivasi.

“Kami sangat bersemangat, semoga materi selanjutnya pemateri dan panitia juga ikut semangat memberikan materi kepada kami,” ujarnya.

Hari ini (25/10), materi Jurnalisme Tulis dilanjutkan dengan mengoreksi tugas membuat lead berita yang diberikan Supardi pada peserta Diklatsarjur.

Reporter : Mae.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah