Gallery

Seminar Pendidikan Karakter dan KKL Biologi dalam Sekali Waktu

Dr. Budi Santoso M.Si sedang memberikan materinya dalam Seminar Urgensi Pendidikan Karakter di Era Spiritualisme, Sekaligus Seminar Kuliah Kerja Lapangan (KKL). Di gedung Akademik Center (AC) UIN RF Pada Selasa, (24/05/2016). Ukhuwahnews/Hairul Akbar

Dr. Budi Santoso M.Si sedang memberikan materinya dalam Seminar Urgensi Pendidikan Karakter di Era Spiritualisme, Sekaligus Seminar Kuliah Kerja Lapangan (KKL). Di gedung Akademik Center (AC) UIN RF Pada Selasa, (24/05/2016). Ukhuwahnews/Hairul Akbar.

 

UIN-Ukhuwahnews.com| Guna menambah pengetahuan dan wawasan kepada mahasiswa, Mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2013 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN RF) Raden Fatah Palembang adakan Seminar Urgensi Pendidikan Karakter di Era Spiritualisme, sekaligus Seminar Kuliah Kerja Lapangan (KKL). Di gedung Akademik Center (AC) UIN RF Pada Selasa, (24/05/2016).

Seminar KKL merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan mahasiswa Biologi, kali ini seminar di adakan oleh mahasiswa angkatan 2013 yang telah melaksanakan KKL pada bulan Januari kemarin. Acara seminar dibuka oleh Khoiruniswa M.Ag selaku Wakil Dekan 3 fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Ketua jurusan Biologi Syarifa serta dosen, guru dan tamu undangan lainnya. Dengan mengusung tema “Lesson Study dan Pendidikan Karakter untuk meningkatkan Kualitas Guru dan Hasil Belajar Siswa”.

Dr. Budi Santoso M.Si selaku pemateri di acara seminar mengatakan bahwa tidak hanya calon guru saja yang harus mempelajari tentang pendidikan karakter. “Karakter itu tidak membatasi, dan pendidikan karakter itu bisa untuk semua orang. Akan tetapi seorang guru mempunyai peluang yang lebih besar karena dapat memberikan contoh untuk banyak orang terutama para siswa yang diajarnya,” ujar Budi .

Budi juga mengungkapkan bahwa ia sangat mengapresiasi diadakannya seminar yang sangat memberikan inspirasi kepada para peserta.

“Seminar ini Sangat bagus sekali, karena dirangkai dengan berbagai kegiatan. Ditambah dengan mempresentasikan hasil KKL yang mereka dapat kemarin.  Ini menjadi inspirasi para peserta, dan bisa memacu peserta untuk berkreativitas,” tambah Budi.

Senada dengan Budi Santoso, Gustam Selaku ketua pelaksana seminar menjelaskan, pendidikan karakter merupakan alat untuk membuat karakter yang harus dimiliki oleh seorang guru. Sehingga dengan memiliki karakter seorang pengajar akan memiliki ciri tersendiri. Selain itu,  ia juga akan memiliki metode yang tepat dan berbeda-beda untuk mengajar.

Selain menyampaikan materi mengenai urgensi pendidikan karakter di era spiritualisme, seminar ini juga mempersentasikan semua hasil kegiatan yang di dapat selama melaksanakan KKL pada bulan Januari kemarin di UIN Malik Ibrahim Malang.

“Ketika kami melakukan KKL kemarin, kami tidak hanya Jalan-jalan biasa. Tujuan utama kami adalah praktikum. pada saat berkunjung di UIN Malik Ibrahim Malang, kami melakukan beberapa proses praktikum, seperti genetika dan lapisan darah,” tuturnya.

Diakhir acara seminar, Gustam menyampaikan rasa syukurnya karena atas terjalinnya kerjasama antara dosen dan mahasiswa jurusan Biologi angkatan 2013 acara seminar bisa terselenggara. “Semoga prodi Biologi bisa lebih maju kedepannya, dan prodi Biologi bisa mencetak mahasiswa yang memiliki kemampuan yang tinggi,” tutup Gustam.

Reporter : Dvy,ica

Editor : Itn

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah