Universiana

Seminar Kebangsaan Ramaikan Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Terlihat salah satu pembicara sedang menyampaikan materi (Abay)

Terlihat salah satu pembicara sedang menyampaikan materi (Abay)

Ukhuwahnews|IAIN, Dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Unit Kegiatan Mahasiswa Khusus (UKMK) Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran & Dakwah (LPTQ & D) senin (28/10) menggelar seminar kebangsaan di gedung Akademik Center Institut Agama Islam Negeri (IAIN)  Raden Fatah Palembang dengan dihadiri oleh 400 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan pelajar.

“Acara ini diberi tema Reaktualisasi Peran Strategis Pemuda Dalam Proses Pembangunan Bangsa, memiliki fungsi membangun karakter para pemuda sekaligus mengembalikan jiwa pemuda seperti Bung Tomo, Bung Hatta, Dan Bung Karno yang telah membebaskan bangsa ini dari penjajah,”  Ujar Khairil Anwar Simatupang, ketua umum UKMK LPTQ & D.

Khairil menambahkan, dengan adanya seminar kebangsaan ini diharapkan dapat memberi pengaruh yang besar bagi jiwa pemuda dan membantu para pemuda menyelesaikan problem hidup serta membangun jiwa mereka agar kelak siap membangun bangsa.

Kegiatan Seminar Kebangsaan ini dihadiri oleh pemateri perwakilan dari Panglima Daerah Militer II Sriwijaya, Kepolisian Daerah Sumatera Selatan (KAPOLDA SUMSEL), Kementerian Agama Sumatera Selatan, Tokoh pemuda dan pengusaha Edi Ganefo Dawami.

“Hendaknya untuk menjadi sosok yang sukses berhasil, harus berpegang teguh dan disiplin, serta pemuda harus lebih pandai mengambil manfaat dari setiap kegiatan ini, saya rasa kegiatan ini cukup strategis untuk mengambil intisarinya, dan menjadikan para pemuda lebih bermoral dan tidak melakukan tindak seksual serta memakai obat-obatan terlarang,”  Kata Syafitri Irwan, wakil dari Kementrian Agama disela-sela materi yang ia sampaikan dalam seminar.

“Kegiatannya sangat bagus, dan harapan saya kedepannya peserta haruslah lebih tertib, disiplin serta menaati waktu dan para panitia harus tahu tata cara pelaksanaannya sehingga dapat diambil kemanfaatan seminar ini.” Tutur AKBP Dedi Setio Yudo, perwakilan KAPOLDA SUMSEL.

Makmum, salah satu peserta dalam seminar ini mengaku senang dapat hadir dalam acara yang sangat bermanfaat dan memberikan pengetahuan lebih seperti ini.

“Pematerinya luar biasa dan kegiatan ini bisa menanamkan kembali dan membangkitkan kembali rasa kebangsaan kita, dan menjunjung tinggi nilai kebangsaan khususnya pemuda zaman sekarang,” Ungkap mahasiswa Bimbingan Penyuluhan Islam ini.

Hal senada juga diungkapkan Wulan Sriwahyuni, peserta utusan dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Palembang, dia mengatakan bahwa acara ini sangat bermanfaat apalagi pematerinya dari Kementrian  Agama yang membahas masalah pemuda dalam segi agama. Hanya saja sedikit disayangkan panitia kurang disiplin dan acaranya sedikit membosankan.

“Harusnya agak lebih disiasati agar tidak jenuh, para mahasiswapun sangat kurang partisipasinya.  Terbukti dari banyaknya bangku  yang kosong di gedung ini. Kedepannya semoga minat mahasiswa  bisa lebih ditingkatkan dalam membangun jiwa yang lebih bermoral.” Jelasnya.

 

(M_Rra & Razi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah