Selfie Saat Pemilu, Bolehkah?

Penyampaian materi dalam bimbingan teknis Pemilu oleh Adi Fajeriansyah, koord. Divisi SDM dan organisasi untuk pengawas tempat pemungutan suara (PTPS) se-Kecamatan Sukarami. Rabu (3/4/2019). IST.

Palembang – Ukhuwahnews | “Bolehkah melakukan selfie di tempat pemungutan suara?” Tanya salah satu Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) dari kelurahan Talang Jambe, kepada pemateri bimbingan teknik PTPS se-Kecamatan Sukarami untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang, Rabu (3/4/19).

Dihadapan 486 PTPS, Koordinator Divisi SDM dan Organisasi, Adi Fajeriansyah menanggapi pertanyaan tersebut, menurutnya boleh saja selfie di TPS, asalkan tidak berfoto di bilik suara.

“Karena kita harus menjaga kerahasiaan dokumen negara. Dan jika sudah mencoblos boleh selfie di sekitar tempat pemungutan suara,” paparnya.

Dalam acara yang digelar di SLB YPAC Provinsi Sumatera Selatan itu, Adi Fajeriansyah juga menjelaskan tugas PTPS dari pra-Pemilu hingga pasca Pemilu.

“PTPS harus mengawasi kesiapan TPS, mengawasi pemungutan suara dan mengawasi pelaksanaan perhitungan suara yang kemudian dilaporkan ke Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Adi mengimbau pada semua pengawas Pemilu untuk menjaga netralitas dan menghindari politik uang, karena jika kedapatan melanggar akan dikenakan sanksi.

Ditempat yang sama, PTPS dari keluruhan Talang Jambe, Yeni mengaku ingin terlibat dalam Pemilu kali ini. “Saya ingin berkontribusi langsung dalam kegiatan yang melibatkan seluruh warga Indonesia ini, apalagi ini memilih 5 pejabat  sekaligus,” pungkasnya.

Bimbingan teknik tersebut ditujukan untuk mempersiapkan dan menyukseskan Pemilu serentak pada 17 April 2019. Yang akan menentukan pemilihan Presiden-Wakil Presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota selanjutnya.

 

Reporter: Fitria

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *