Kabar Sumsel

Sediakan Waktu Rutin Menulis

Alumni Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Ukhuwah, Afriantoni menerima penghargaan Terbaik ke tiga lomba menulis artikel ilmiah populer Sekolah Dasar (SD) Tingkat Nasional tahun 2017 di Hotel Rich Yogyakarta, Kamis (09/11/2017). Ukhuwahnews/doc.ukhuwah.

Palembang – Ukhuwahnews.com | Jangan pernah berhenti untuk terus menulis. Secara teknis menulis bisa dari apa saja, dan sediakan waktu rutin untuk menulis. Begitu kata Alumni Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Ukhuwah, Afriantoni, Kamis (09/11/2017). Ia meraih peghargaan Terbaik ke tiga lomba menulis artikel ilmiah populer Sekolah Dasar (SD) Tingkat Nasional tahun 2017 di Hotel Rich Yogyakarta.

“Motivasi dalam menulis, membuat diri setiap orang selalu ingin mengetahui,  memahami dan  mengambil makna dari hasil tulisannya,” kata Afriantoni melalui pesan singkat whatsapp.

Afriantoni berpendapat bahwa budaya literasi dan menulis yang bermutu harus dikembangkan. Dosen Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang ini, menyarankan agar Pemerintah dan pihak yang terkait, lebih menstimulasi program menulis di kabupaten atau kota.

“Budaya mutu dan menulis serta literasi harus dikembangkan, agar melahirkan generasi yang mandiri dan berkualitas,” katanya.

Ketua Juri Lomba, Saiful Anam memberikan tips menulis artikel yang baik dan benar. Menurutnya, awali penulisan artikel dari sebuah persoalan dengan mengedepankan gagasan-gagasan yang umum dan suguhkan hal menarik di  awal  tulisan.

“Jangan terfokus pada landasan teori atau regulasi. Setelah itu, berikan kepada orang lain untuk membacanya,” ujar Anam.

Ia menyarankan  penulis  untuk membaca artikel atau karangan Renald Kasali, agar mendapat judul yang menghentak.  “Tulisannya menjadikan pembaca seakan diprovokasi hingga akhir tulisan,” katanya menganjurkan.

Reporter : Rjb.

Editor : Wfi.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah