Kabar Sumsel

Sebagai Produk Revolusi Industri 4.0, FinTech Menjadi Tantangan Bagi Akuntan

Peserta seminar keuangan dan peran akuntan di era digital bersama Ikatan Akuntan Indonesia terlihat antusias mendengarkan materi dari pembicara di Gedung Kantor Pelayanan Administrasi Politeknik Negeri Sriwijaya (KPA POLSRI) pada Rabu, (24/4/19)/Nur.

Palembang – Ukhuwahnews.com | Menurut Dewan Pengurus Nasional Ikatan Akuntan Indonesia (DPN IAI) 2018, Isnaeni Achdiat dalam seminar “Keuangan dan Peran Akuntan Di Era Digital 4.0”, salah satu produk revolusi industri 4.0 yang menjadi tantangan para akuntan adalah Financial Technology (FinTech).

Dilansir dari situs Bank Indonesia, FinTech merupakan hasil gabungan antara jasa keuangan dengan teknologi yang akhirnya mengubah model bisnis dari konvensional menjadi moderat. Seperti, tata cara membayar harus bertatap-muka, kini sudah bisa melakukan transaksi jarak jauh.

Hal tersebut bagian dari tren makro yang saat ini didominasi oleh media yang bersifat digital terutama di akun bisnis online,” ujar Isnaeni pada seminar di Gedung Kantor Pelayanan Administrasi Politeknik Sriwijaya, Rabu (24/4/19).

Dalam menghadapi permasalahan tersebut, menurut pembicara kedua dari dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sriwijaya, Dr. Tertiarto Wahyudi, sebagai makhluk sosial, manusia harus mampu berlaku cerdas.

“Orang yang cerdas tahu cara mencapai standard apa yang mereka inginkan dengan cara menganalisis skill apa yang akan dibutuhkan,” tuturnya.

Kemudian, Tertiarto menyarankan supaya bisa mencapai apa yang diinginkan melalui skill yang dibutuhkan, manusia harus melibatkan tiga tahapan dan pilihan.

“Tiga tahapan tersebut yaitu specialist, generalist, dan generic. Sementara tiga pilihan yaitu blue collar, white colar, dan golden collar. Maka dari itu, pengalaman organisasi adalah nilai tambah bagi mereka yang bersaing di era industri 4.0, jika tidak ingin digantikan oleh automatisasi di era ini,” jelasnya.

 

Reporter: Nur Khotimah

Editor: Melati Arsika

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah