Gallery

SBY: GREEN ECONOMY UNTUK INDONESIA MAKMUR

UIN-Ukhuwahnews.com | Penerapan konsep Green Economy dibutuhkan untuk mendongkrak perekonomian dunia dan Indonesia. Hal tersebut disampaikan Prof. DR. H. Susilo Bambang Yudhoyono, MA saat menjadi pembicara dalam Studium Generale (kuliah umum), Rabu (25/11/15).

Kuliah umum yang diselenggarakan oleh PATANI (Pandu Tani Indonesia) SUMSEL di Akademik Center Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang mengangkat tema Pertanian Penggerak Ekonomi Bangsa. Namun SBY lebih tertarik menyampaikan tema Pembangunan Pertanian Berkelanjutan dan Ekonomi Hijau abad 21 (Green Economy).

Pandangan SBY, kemakmuran suatu bangsa akan tercapai jika tidak ada lagi kemiskinan dan kelaparan. Sebab, kelaparan merupakan pemicu timbulnya tindakan kriminalitas dan pemberontakan.

“Untuk meningkatkan eknomi bangsa, dibutuhkan gebrakan baru di bidang pertanian. Karena bangsa Indonesia memiliki banyak sumber daya dan lahan yang perlu dioptimalkan,” jelas SBY.

Disisi lain, Aflatun Muchtar selaku Rektor UIN Raden Fatah Palembang menyambut positif kedatangan Presiden ke-6 Republik Indonesia. Menurut Aflatun, materi yang disampaikan SBY menginspirasi dan memotivasi untuk perekonomian bangsa yang lebih makmur.

“Mahasiswa harus memunculkan lagi ide-ide yang kreatif dalam membangun perekonomian. Diharapkan mahasiswa memanfaatkan materi hari ini agar terciptanya inovator baru dibidang perekonomian,” ujar Aflatun.

Ditambahkan Aflatun, meski UIN belum memiliki Fakultas Pertanian, namun banyak jurusan yang bisa mendorong perekonomian. Salah satunya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

“Menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dibutuhkan peran mahasiswa. Dengan catatan tetap berpegang teguh pada agama Islam dan etika yang baik,” tutupnya.

*Lhl, Mcr
*Ed. von

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah