Kabar Sumsel

Road Safety Festival, 7 Posisi yang Baik dalam Bersepeda Motor

Satuan Polisi Lalu Lintas Palembang sedang mencontohkan cara mengendarai sepeda motor yang baik, dengan menjaga keseimbangan tubuh dan fokus pandangan saat berkendara dalam acara Road Safety Festival di Monpera, Sabtu (9/3/19). Ukhuwahfoto/Erna Rustiana.

Palembang – Ukhuwahnews.com | Dalam Road Safety Festival bertema “Wujudkan Milenial Cinta Lalu Lintas Menuju Indonesia Gemilang”, Pusat Percobaan Pengendara Motor Polisi memberikan informasi tujuh postur tubuh yang baik dalam mengendarai sepeda motor.

Kegiatan yang diadakan di halaman Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera) Palembang, Sabtu (9/2/2019) tersebut dipandu langsung Instruktur Safety Riding dalam Keselamatan Kendaraan Sumatera Selatan (Sumsel), Muhammad Isnaini dan dibantu salah satu Polisi Lalu Lintas (Polantas) Palembang, Muhahmnad Muhtasir.

“Dalam mengendarai sepeda motor, ada tujuh postur yang baik, yaitu pandangan yang fokus, tubuh yang rileks, posisi tangan yang pas, perlengkapan memakai sarung tangan, posisi duduk yang nyaman (tidak duduk terlalu maju atau terlalu mundur), posisi kaki sedikit terbuka, dan telapak kaki berada pada keset injakan kaki,” jelas Isnaini di hadapan penghunjung.

Dia menjelaskan, hal ini bertujuan agar pengendara dapat nyaman dan aman dalam mengendarai sepeda motor. “Jangan lupa, tetap gunakan perlengalapan sepeda motor: helm dan sarung tangan untuk memastikan keselamatan anda dalam berkendara,” tegasnya.

Selain arahan, mereka juga memberi kesempatan kepada pengunjung untuk mencoba mengendarai motor polisi di daerah yang telah disedikan.

Salah satu siswa Sekolah Menengah Atas Az-Zahra Palembang, Ralfy maju dan memberanikan diri untuk mengendarai salah satu motor polisi yang memang diperuntukan dalam kegiatan tersebut.

Usai mengendarai motor polisi, dia mengaku sedikit kesulitan, ditambah adanya traffic cone (kerucut lalu lintas).

“Saya sedikit sulit mengendarai motor polisi yang besar itu, karena butuh keseimbangan saat melewati kerucut lalu lintas,” katanya.

Menurutnya, pengendara harus fokus saat mengendarai sepeda motor besar. “Bagi yang tidak terbiasa, akan kesulitan,” tambahnya.

Sementara terkait kegiatan tersebut, Ralfy berharap, kegiatan ini dapat dilaksanakan secara rutin. “Minimal satu tahun sekali agar dapat menghimbau masyarakat dalam berkendara dengan baik,” tutupnya.

Rep: Erna Rustiana dan Cahaya Hairani

Editor : Alfi BS

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah