Kabar Sumsel

Ribuan Mahasiswa Antusias Ikuti Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan

Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), DR H Osman Sapta menyampaikan materinya mengenai empat pilar kebangsaan, dalam pembukaan Kongres BEM/Dema se PTAI Indonesia, di di Gedung Academic Centre (AC) Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF), Selasa (10/10/17). ukhuwahnews/Nopri Ismi.

UIN-Ukhuwahnews.com |Membuka Kongres ke empat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) atau Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema), Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) se-Indonesia, ribuan mahasiswa antusias mengikuti Sosialiasasi Empat Pilar kebangsaan di Gedung Academic Centre (AC) Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF), Selasa (10/10/17).

Ketua Panitia Pelaksana, Awaludin Sitorus mengatakan bahwa kongres BEM/Dema se-PTAI Indonesia ke empat tahun ini dihadiri 200 mahasiswa perwakilan dari masing-masing PTAI di seluruh Indonesia.

“Pada pembukaan kongres, terlihat antusias mahasiswa dengan agenda sosialisasi empat pilar kebangsaan, dihadiri 2.500 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di kota Palembang maupun dari luar Sumatera Selatan (Sumsel),” kata Awaludin.

Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), DR H Osman Sapta menyampaikan materinya mengenai empat pilar kebangsaan, setiap warga negara wajib mendapatkan  pengetahuan akan pentingnya perkembangan ideologi negara.

“Empat pilar ideologi kita itu, yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika, masyarakat terutama mahasiswa harus mengetahui dan memahami pentingnya ideologi,” katanya.

Ketua Dema UIN RF, Agus Suherman Tanjung  menyatakan bangga karena kongres BEM/Dema se-PTAI Indonesia dapat terlaksana di kampus UIN RF. Kemudian, sosialisasi tersebut dapat menjadi kesempatan bagi seluruh mahasiswa generasi bangsa yang menjadi aset bangsa pada masa depan Indonesia.

“Mahasiswa harus melakukan perbaikan ideologi dan selanjutnya dapat menerapkannya dengan cara yang baik untuk bangsa dan negara,” tuturnya.

Abdul Rahman, Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah salah satu PTAI di Tangerang, sangat mengapresiasi kongres tersebut sebagai semangat mahasiswa dari seluruh Indonesia, untuk memahami dan mempelajari ideologi bangsa.

“Tentu dengan kongres BEM/Dema se PTAI Indonesia ini, saya mendapatkan pengalaman, pengetahuan baru dan teman baru. Selain itu, setelah ini kita dapat belajar ideologi tidak hanya dipahami sebatas tulisan, namun kita sebagai mahasiswa dapat menerapkan nilai-nilai ideologi negara di kehidupan seharian,” tambahnya.

 

Reporter : Ern, Ica.

Editor : Wfi.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah