Rektor UIN RF : Setelah lulus, Para Sarjana Harus Bisa Ciptakan Daya Saing

Rektor UIN RF, Prof. Drs. Sirozi, MA. Phd. melakukan pemindahan kuncir salah satu sarjanawati pada acara Wisuda ke-70 di Academic Center UIN RF, Sabtu (29/6/19). Ukhuwahfoto/Yuni.

UIN RF – Ukhuwahnews.com | “Yang lebih diutamakan untuk alumni adalah memiliki akhlak yang mulia. Selain itu alumni juga harus mampu bersaing di kancah nasional dan internasional,” ujar Rektor Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang, Prof. Drs. Sirozi, MA. Phd. pada acara Wisuda ke-70 di Academic Center UIN RF, Sabtu (29/6/19).

Dalam acara wisuda yang meluluskan 546 Sarjana tersebut, Sirozi juga menyampaikan hasil survey dari Biro Pusat Statistik tentang profil tenaga kerja Indonesia, tahun 2002 National Association of Independent Colleges and Universities (NAICU) menerbitkan tentang kualitas tenaga kerja dari perguruan tinggi yang diharapkan dunia kerja dengan melibatkan 457 pimpinan perusahaan dan lembaga.

Survey tersebut menunjukkan setidaknya ada 20 kualitas dari para lulusan perguruan tinggi. “Tiga di antaranya adalah harus memiliki kemampuan komunikasi,  kejujuran dan integritas lalu kemampuan bekerjasama,” jelasnya.

Dalam penutupannya ia mengatakan bahwa setelah selesai dan mendapatkan ijazah, para mahasiswa juga masih dituntut untuk menimba ilmu, memperluas wawasan dan membenahi kualitas diri.

Salah satu mahasiswa berprestasi dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Samsul Rizal mendapatkan nilai sempurna dalam penyelesaian pendidikannya. Samsul mendapatkan Index Prestasi Kumulatif (IPK) sempurna yaitu 4,00.

“Kepada segenap pimpinan UIN RF kami mengucapkan terimakasih, karena, berkat arahan dan kebijakan yang telah mendukung studi kami, dan segenap para Dosen yang telah mendidik dan membimbing kami hingga menjadi seorang sarjana,“ kata Samsul dalam sambutannya.

Samsul juga mengatakan bahwa semoga lulusan UIN RF mampu bersaing di dunia kerja.

 

Reporter : ArisaDomiani, Rezzy Saputra

Editor: Melati Arsika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *